Grooveshark adalah sebuah layanan musik gratis yang menawarkan streaming musik online. Siapapun dapat mendengarkan lagu secara gratis dari Grooveshark, Anda tidak perlu membuat akun untuk mendengarkan lagu di Grooveshark karena semua lagu tersedia secara gratis kepada semua pengunjung situsnya. Yang perlu dilakukan hanyalah masuk ke http://grooveshark.com/, lalu cari judul/artis/album yang ingin Anda dengar. Tetapi saya sarankan sebaiknya Anda membuat akun baru, karena berguna jika Anda ingin menyimpan playlist dari lagu-lagu yang Anda dengarkan.


Asal nama Grooveshark

Codename asli dari Grooveshark adalah Blue Shark. Skema penamaan ini didasarkan pada penamaan Ubuntu yang menggunakan kata sifat dan hewan untuk kode rilis. Hiu juga merupakan hewan kesukaan dari CEO Grooveshark.

Pendaftaran secara gratis

Pembuatan akun Grooveshark 100% gratis. Selain akun gratis, juga tersedia akses berlangganan dengan biaya $6/bulan untuk akun Grooveshark Plus, dan $9/bulan untuk akun Grooveshark Anywhere.

Mendownload lagu

Music on Grooveshark is only available to stream

Semua lagu di Grooveshark hanya tersedia untuk streaming, bukan untuk didownload. Kalau mau memiliki/mendownload lagu dari Grooveshark, Anda harus membelinya.—sumber

Berdasarkan Term of Service Grooveshark:

License and Site Access
EMG grants you a limited license to access and make personal use of the Service. You agree not to download (other than page caching) or modify the Site, or any portion of it, except with express written consent of EMG. Any musical work made available via the Service is intended for Streaming only. Streaming meaning the transmission of an audiovisual work via the Internet from the Service to a user’s device in such a manner that the data is intended for real-time listening and not intended to be copied, stored, permanently downloaded, or redistributed by the user.—ToS

Jadi jelaslah kalau layanan dari Grooveshark ini hanya untuk streaming saja. Streaming artinya transmisi data (berupa audiovisual) dari penyedia layanan ke perangkat pengguna melalui internet dengan cara yang sedemikian rupa sehingga sehingga data (audiovisual) dapat didengarkan secara real-time dan tidak dimaksudkan untuk disalin, disimpan dan didownload secara permanen.


Saatnya mendaftar !

Saya rasa penjelasan diatas sudah cukup untuk pengantar, kini saatnya kita masuk ke bagian serunya yaitu membuat akun Grooveshark.

1. Masuk ke http://grooveshark.com/
2. Dibagian kanan-atas dekat iklan (pendaftar gratis pasti mempunyai ads/iklan) klik tombol Become Member.

3. Akan muncul sebuah kotak dialog, isi data-data Anda mulai dari username sampai password, lalu klik Next.

4. Buka email Anda untuk mengaktifkan akun Grooveshark Anda. Sampai tahap ini Anda telah memiliki sebuah akun gratis dari Grooveshark.

Perkenalan fitur dan antarmuka
Saat memasuki halaman utama Grooveshark, Anda akan melihat website dengan tampilan yang menyerupai aplikasi pemutar musik. Ya, menurut saya dari sisi antarmuka Grooveshark cukup bagus, apalagi tampilannya bisa diganti-ganti karena adanya beberapa themes yang disediakan.

Tetapi, karena yang namanya baru, saya pikir beberapa dari Anda belum tahu apa kegunaan atau fungsi yang ada pada “pemutar musik online” ini. Oleh karena itu saya ingin memberi sedikit panduan khusus bagi pemula oleh pemula.


Ini adalah menu yang terdapat pada sidebar kiri Grooveshark.

  • Favorites adalah kumpulan lagu-lagu yang Anda jadikan sebagai favorit.
  • Playlist berisi kumpulan playlist yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Upload Music adalah lagu-lagu yang Anda upload dari komputer Anda.
  • My Music adalah daftar yang berisi lagu, artis dan album yang Anda tambahkan sebelumnya sebagai “My Music”
  • Popular
  • adalah daftar lagu yang diurut berdasarkan popularitasnya.

  • Now Playing
  • adalah lagu atau kumpulan lagu yang siap dimainkan atau sedang diantri.

    PLAYLIST adalah daftar lagu yang Anda buat, baik itu secara otomatis maupun secara manual menambahkan lagu satu-persatu.
    STATIONS adalah kumpulan stasion radio yang dikelompokkan berdasarkan genre lagunya, seperti Rock, Pop, Indie dan lain lain, selain daftar stasiun yang sudah ada pada sidebar, Anda masih bisa menambah stasuin kesukaan Anda dengan mengklik tombol +New > Add Station.

    Mainkan lagu favorit Anda !
    Database Grooveshark sangat lengkap, semua lagu yang Anda cari pasti ada. Anda cukup mengetikkan judul lagu atau nama artis/album untuk menuju lagu favorit Anda.

    Sudah temukan lagu yang Anda cari?
    Lagu favorit Anda sudah ketemu? jangan langsung dimainkan tapi kenali dulu menu-menu yang ada:

    Nah, kalau lagu favoritnya sudah ketemu, selanjutnya terserah Anda. Anda bisa langsung mainkan, masukkan ke antrian (Now Playing), tambahkan ke koleksi (My Music) jadikan sebagai favorit dan lain sebagainya.

    Tips:
    1. Gunakan tombol Ctrl (pada keyboard) untuk menandai beberapa lagu, atau Ctrl + A untuk menandai semua lagu. “Semua lagu” di sini bisa berarti semua lagu dalam satu album, semua artis ataupun semua album.
    2. Ingin mengoleksi lagu-lagu terbaru? manfaatkan menu Popular.

    Bagaimana dengan koneksi internet Anda?
    Karena ini adalah layanan streaming, maka pastilah membutuhkan koneksi internet yang cukup untuk dapat menerima streaming audio dari penyedia layanan ke komputer kita. Kecepatan koneksi internet yang pas-pasan pasti tidak memuaskan karena lagu yang diterima akan putus-putus. Lalu bagaimana menyiasati koneksi yang lambat agar tetap dapat menikmati lagu dari Grooveshark?

    Caranya adalah sebagai berikut:

    1. Klik menu Account yang ada pada kanan-atas
    2. Masuk ke Settings
    3. Setelah menu Settings terbuka, klik Preferences dan cari Application Settings.
    4. Beri centang pada opsi Stream smaller, lower quality songs (good for slow connections)
    5. Klik tombol Save Changes untuk menyimpan settingan Anda.



    Dengan begitu, Grooveshark sudah bisa dinikmati bahkan jika Anda mempunyai koneksi internet pas-pasan, tapi cara ini akan berefek pada kualitas lagu yang diterima.

    ***Selamat bersenang-senang !***