Melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya ingin memberikan sedikit tips buat para pengguna Grooveshark.

Grooveshark adalah sebuah layanan musik gratis yang menawarkan streaming musik online, sekaligus sebuah mesin pencari musik. Diantara layanan music streaming sejenis, bisa dibilang kalau Grooveshark yang paling bagus.


Fitur-fitur yang dimilikinya:

  • Radio
  • Similar artists – Untuk mencari artis yang mirip
  • Replay song – Bisa memainkan ulang lagu tanpa menunggu buffering lagi
  • Share ke Facebook dan Twitter, dan widget
  • Interface berbasis HTML5, walau untuk memutar lagunya masih membutuhkan flash
  • Adanya fitur “like/dislike”
  • Dan selain yang tertera diatas, Grooveshark juga mempunyai komunitas, bisa dibilang sebagai social networknya bagi pendengar musik online.

    1. Manfaatkan menu Popular

    Majalah Popular adalah daftar lagu yang paling sering dimainkan oleh pengguna Grooveshark, baik itu oleh pengunjung (non-member) ataupun yang sudah memiliki akun. Anda bisa memanfaatkan menu Popular untuk mengoleksi lagu-lagu populer/update ke My Music Anda. Daftar lagu ini bisa diurut perhari atau perbulan, dan juga disortir berdasarkan Artis, Judul lagu dan Album.

    2. Gabung ke komunitas

    Ya, Anda bisa mencari orang lain yang mempunyai selera musik yang sama dengan Anda, saling berbagi musik, dan juga saling follow. Klik link Community pada kiri-atas, lalu Anda akan bergabung ke My Community. Disini Anda bisa melihat aktivitas orang lain, misalnya ada yang sedang mendengarkan lagu, baru mengupload, dan juga saling follow.

    3. Kumpulkan point

    Point bisa redeem untuk mendapatkan akun Grooveshark Plus atau Anywhere selama satu bulan. Untuk saat ini pilihan redeem cuma itu, tapi kedepannya akan ada pilihan yang lain yang tentunya lebih menarik.

    Bagaimana caranya mendapatkan point? Yaitu dengan mengikuti survey yang dibuat Grooveshark. Klik pada Accounts lalu pilih Surveys.

    Saat menu Surveys terbuka, Anda tinggal memilih survei yang tersedia. Saat baru memulai survei, Anda akan diberikan survei yang khusus untuk pemula, misalnya survei tentang profil Anda.

    Pertanyaannya cukup mudah, hanya pertanyaan seputar profil Anda. Tetapi karena pertanyaannya dalam bahasa Inggris, sebaiknya Anda gunakan translator untuk membantu. Contoh pertanyaan profil:

    Setiap menjawab pertanyaan, Anda akan mendapatkan point !

    Horeee ! Survei pertama sudah selesai, point yang saya kumpulkan setelah menjawab semua pertanyaan:

    Jangan lupa untuk mengikuti survei dilain waktu. Kumpulkan point sebanyak-banyaknya dan Anda bisa me-redeem nya agar akun Anda diupgrade menjadi Grooveshark Plus atau Anywhere selama satu bulan.

    Hilangkan iklan yang menggangu
    Iklan yang ada disamping kanan memang cukup menggangu, karena membuat layar semakin sempit saja. Sebenarnya iklan tersebut muncul pada pengguna free account saja, karena kalau kita meng-upgrade akun maka iklan tersebut akan hilang. Dan memang itulah tujuan iklan tersebut dibuat, yaitu untuk “memaksa” pengguna untuk melakukan upgrade ke Grooveshark Plus atau Anywhere. Tapi, dengan bantuan Greasemonkey (Add-ons untuk Firefox) dan script bernama Better Grooveshark, kita bisa menghilangkan iklan tersebut dan membuat tampilan Grooveshark menjadi lebih luas.

    Tampilkan lirik
    Yup, sebenarnya kedua fitur ini bisa diaktifkan bersamaan dan dalam satu script saja ! Inilah kehebatan Better Grooveshark. Selain menghilangkan iklan yang menggangu, Better Grooveshark akan memunculkan lirik dari lagu yang sedang dimainkan, dan posisi lirik ini adalah berada disebelah kanan, tepatnya ditempat iklan dulu berada.

    Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja kita praktekkan:

    1. Install Add-ons Greasemonkey untuk Firefox.
    2. Setelah Greasemonkey terinstal, masuk ke halaman ini dan klik tombol Install. Tunggu sampai script selesai terinstall, lalu restart browser Firefox untuk menerapkan perubahan.

    Setelah Firefox terbuka, akan muncul kotak dialog seperti ini:

    Beri centang semuanya untuk mengaktifkan semua fitur.

    Saatnya bernyanyi
    Add-on dan scriptnya sudah terinstal, saatnya kita bernyanyi.

    Kesan pertama setelah menginstal Better Grooveshark:

  • - Sidebar jadi rapi dan lebih berguna dibanding ditempati iklan
  • - Informasi lagu [Artist] [Song] bisa diedit, sangat berguna jika lagu yang dimainkan tidak punya tag ID3 yang lengkap
  • - Situs pencari liriknya hanya 3 dan tidak bisa ditambah kecuali mengedit langsung scriptnya.
  • - Langsung merespon setiap lagu yang dimainkan
  • - Walaupun otomatis mencari lirik yang cocok, tetapi kita masih bisa memilih lirik yang lain dari hasil yang muncul.
  • - Dari beberapa kali memaikan lagu, kadang gagal menemukan lirik yang sesuai sehingga kita perlu meng-klik tombol Search untuk mengulangi pencarian lirik
  • Sekian dulu tips bagi pengguna Grooveshark dari saya, tunggu postingan berikutnya tentang Grooveshark