Huawei USB Modem

Masalah yang sering dihadapi saat berinternet menggunakan koneksi dial-up adalah jaringan yang tidak selalu stabil. Sinyal yang tidak stabil ini kadang disebabkan oleh penerimaan sinyal oleh modem yang berubah dari 3G/UMTS ke HSDPA (modem GSM sekarang kebanyakan sudah mendukung HSDPA).

Sebagai contoh, saat sedang aktif browsing internet maka koneksinya akan maksimal yaitu di HSDPA, tetapi saat aktifitas browsing tidak ada misalnya karena komputer ditinggalkan beberapa menit kemudian dipakai lagi untuk browsing maka biasanya koneksi internetnya terasa sangat lambat dan kurang respon. Ini disebabkan karena pada saat idle (tidak ada aktifitas browsing) penerimaan sinyal berubah dari HSDPA ke 3G/UMTS, dan ketika aktifitas browsing meningkat maka penerimaan sinyal berubah lagi dari 3G/UMTS ke HSDPA.

Perpindahan ini menyebabkan koneksi internet agak melambat dan terasa kurang responsif. Untuk mengatasinya kita bisa melakukan ping ke sebuah server atau alamat web secara konstant. Tujuannya adalah agar menjaga koneksi internet tetap stabil karena arus data terus terjadi walaupun komputer sedang tidak dipakai. Tapi tenang saja, data yang didownload hanya 1 Kb sehingga tidak menggangu bandwidth Anda.

Ping tidak dilakukan secara manual dari Terminal, tetapi menggunakan script. Script ini akan aktif secara otomatis saat koneksi dial-up diaktifkan.

Langkah-langkah:

  • Buka Terminal, kemudian jalankan perintah ini:
  • gksudo gedit /opt/online.sh
  • Saat jendela editor Gedit terbuka, copy baris dibawah ini dan paste ke jendela Gedit yang terbuka.
  • #!/bin/bash
    while [ 1 ]; do
    /bin/ping -c 3 -s 1 88.149.128.3
    sleep 30
    done
  • Save dan tutup Gedit

Kemudian, buat agar script yang dibuat tadi dapat dieksekusi (executable) dengan cara:

sudo chmod +x /opt/online.sh

Selanjutnya, untuk membuat script tadi aktif secara otomatis saat koneksi dial-up aktif adalah jalankan perintah ini pada Terminal:

gksudo gedit /etc/ppp/ip-up

dan tambahkan /opt/online.sh pada baris paling bawah, seperti ini:

ppp/ip-up

Setelah selesai Save dan tutup Gedit.

Catatan:
Script diatas adalah versi asli dari sini, versi yang telah saya modifikasi sedikit:

#!/bin/bash
while [ 1 ]; do
/bin/ping -c 3 -s 1 google.com
sleep 5
done

Catatan:
Cara ini sudah saya buktikan sendiri di rumah dengan menggunakan laptop + modem gsm Huawei (seperti pada gambar), dan hasilnya cukup memuaskan. Browsing tetap responsif dan tangkapan sinyal selalu stabil di HSDPA.