WhatsApp

Anda pengguna WhatsApp juga? Platform apa yang Anda gunakan saat ini? BlackBerry atau iOS?

Salah satu faktor yang membuat WhatsApp sangat populer adalah karena WhatsApp mendukung enam platform mobile. Diantaranya adalah iOS, Android, Symbian, Nokia S40, BlackBerry dan Windows Phone. Karena alasan itu, Anda tidak akan tahu smartphone apa yang digunakan lawan chatting Anda. Beda dengan BBM yang hanya ada di BlackBerry atau iMessage yang hanya ada di iOS, misalnya.

Nah, mengenai dukungan WhatsApp untuk platform iOS, ada sedikit masalah terutama pada iPhone lama, seperti iPhone 3G.

Dukungan perangkat lunak untuk iPhone 3G hanya sampai bulan November 2012, yaitu ketika Apple merilis iOS 4.2.1. Ini berarti versi terbaru atau terakhir yang bisa didapatkan oleh pengguna iPhone 3G adalah versi 4.2.1 saja. Untuk iOS 4.3 dan seterusnya sudah tidak memungkinkan lagi diinstall pada iPhone 3G karena keterbatasan hardware.

Pengguna iPhone 3G dengan iOS 4.2.1 masih bisa menikmati WhatsApp, dengan catatan hanya sampai WhatsApp versi 2.8.4. Disini masalahnya.

Versi terbaru WhatsApp saat artikel ini ditulis adalah versi 2.8.7, dan versi ini hanya kompatibel untuk iOS 4.3 dan di atasnya. Jadi, kalau Anda belum pernah mendownload versi 2.8.4, sangat kecil kemungkinannya kalau Anda bisa mendapatkannya dari tempat lain, App Store tidak menyediakan versi lain selain versi terbaru.

Oke, katakanlah Anda berhasil mendapatkan WhatsApp versi 2.8.4 dari folder-folder tersembunyi di harddisk Anda, atau mungkin dikirimkan oleh teman Anda yang masih menyimpannya. Apakah Anda bisa menginstall dan menggunakannya begitu saja? Tampaknya tidak semudah itu kawan…

Alasannya adalah karena server WhatsApp sendiri telah memblokir aktivasi dari perangkat yang menggunakan WhatsApp 2.8.4.

Anda mungkin (entah dapat dari mana dan bagaimana caranya) berhasil menginstall WhatsApp 2.8.4 di iPhone 3G Anda, tetapi Anda tidak akan menerima sms yang berisi kode aktivasinya. Alasannya, karena iPhone Anda terlalu tua.

Seperti yang saya kutip dari Frequently Asked Questions WhatsApp:

To help you through the process of verifying your WhatsApp account, we have a few helpful steps. Please double check that:

  • You are not using an unsupported device such as an iPod Touch or iPad.

a href=”http://appbuntu.com/2012/12/bye-hackulous/#comment-752511675″>Salah satu pembaca Appbuntu, pernah mengalami masalah ini:

saya sekitar seminggu lalu download App Whatsapp v2.8.4 dari Apptrackr dan terinstall dengan lancar terus bisa digunain. terus sekitar 4 hari lalu saya restore ulang 3gs saya karena lemot terus saya JB dan install lagi Whatsappnya. saya gak restore backup saya jadi full restore.nah pas minta verifikasi kode saya gak dikasih karena versinya udah “Too Old” padahal sebelumnya saya bisa ngegunaiin itu.

Yup, server WhatsApp akan mendeteksi versi WhatsApp yang terinstall di iPhone Anda. Kalau terdeteksi versinya 2.8.4 atau di bawahnya, maka server akan mengirimkan pesan “Too Old” atau semacamnya yang menandakan kalau iPhone 3G Anda sudah saatnya diganti ke iPhone 5

Jadi inti permasalahannya adalah:

  1. Pengguna iPhone 3G tidak bisa lagi menginstall WhatsApp terbaru karena dibatasi oleh iOS 4.2.1.
  2. WhatsApp tidak lagi mengirimkan sms berisi kode aktivasi kepada pengguna WhatsApp versi 2.8.4, yaitu versi terakhir yang bisa diinstall pada iPhone 3G.

Karena dipengaruhi oleh kedua hal diatas, whited00r melalui App Time Machine mengajak para pengguna iPhone lama (2G dan 3G) lainnya bersama-sama bergabung dalam aksi “Help us to save WhatsApp for old devices“.

Tujuan dari aksi ini adalah agar WhatsApp tetap melanjutkan dukungannya terhadap WhatsApp versi 2.8.4 karena versi inilah yang masih bisa terinstall dan bekerja dengan baik pada iPhone 3G.

Jika Anda ingin bergabung (walaupun bukan pemilik iPhone 3G) caranya gampang, cukup kirimkan email dengan detail berikut ini:

Update:
Anda tidak perlu lagi mengirim email berikut karena WhatsApp sepertinya tidak akan mengubah keputusannya

Alamat: support@whatsapp.com
Subject: WhatsApp for old iPhones
Pesan: Please continue supporting WhatsApp v2.8-4 for iOS since it is a fully working application on old iPhones. We know that the new XCode4.5 SDK doesn’t allow backward compatibility but YOU are not sending the verification code for v2.8-4 and you can’t blame Apple for your pointless decision. We expect to be able to use the last version available on our device since we paid for it. We are organizing a class action.

Atau dengan mengklik tombol Kirim Email yang sudah otomatis berisi pesan di atas.

Semakin banyak email yang terkirim, maka semakin besar kesempatan WhatsApp bisa kembali berfungsi di iPhone 3G. Anda pengguna iPhone 5 mungkin tidak akan merasakan keuntungan dari aksi ini, tapi setiap email yang Anda kirimkan akan sangat berarti buat pengguna iPhone 3G lain.

Thanks.