International Mobile Equipment Identity atau yang sering kita kenal dengan IMEI adalah kode-kode yang merupakan identitas setiap ponsel. Fungsi IMEI ini sangat penting.

IMEI menyimpan informasi berupa pabrikan ponsel tersebut, model, tahun pembuatan, ukuran (desain) ponsel, jenis jaringan seluler yang digunakan, serta statusnya terhadap jaringan seluler itu sendiri. Untuk iPhone, IMEI juga menyimpan informasi statusnya terhadap operator seluler asal, misalnya locked atau unlocked.

Anda bisa mengetahui IMEI dari iPhone Anda melalui beberapa cara.

Dari iPhone

Adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui nomor IMEI.

  1. Buka Phone, kemudian dial *#06# dari iPhone.
  2. iPhone IMEI

    *#06#

  3. Buka Settings, masuk ke General > About dan scroll ke bawah untuk melihat informasi IMEI dan ICCID dari iPhone Anda.
  4. iPhone IMEI

    iPhone IMEI

  5. Untuk iPhone 5, nomor IMEI bisa Anda lihat pada bagian belakang bawah bodi. Nomor IMEI adalah 14-digit pertama, digit terakhirnya abaikan saja.
  6. iPhone 5

  7. Untuk iPhone iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4 (GSM) dan iPhone 4S, nomor IMEI juga bisa ditemukan pada SIM card tray seperti yang ada pada gambar di bawah.
  8. SIM card tray

    SIM card tray iPhone

  9. Kalau Anda masih ingat menyimpannya di mana, cari box iPhone Anda dan cek bagian bawahnya. Di situ tertulis nomor IMEI iPhone Anda (asalkan iPhone yang Anda beli adalah baru, bukan bekas atau boxnya bukan asli/bawaan).
  10. iPhone box

    iPhone 4 box via William Hook

Dari komputer

Selain mengetahui nomor IMEI langsung dari iPhone, Anda bisa juga mendapatkan nomor IMEI iPhone Anda dengan bantuan komputer.

Via iTunes

  1. Buka iTunes, hubungkan iPhone Anda ke komputer, setelah terdeteksi maka pada tab Summary informasi iPhone Anda akan tampil.
  2. iTunes Summary tab

  3. Cara lainnya adalah, hanya jika iPhone Anda sudah pernah dibackup via iTunes.
  4. Buka iTunes, dan buka Preferences. (Di Mac OS X, pilih iTunes > Preferences. Di Windows, pilih Edit > Preferences.)

    Kemudian buka tab Devices untuk memunculkan file backup dari iPhone Anda. Sorot nama iPhone Anda untuk memunculkan nomor IMEI.

    Device Preferences

Via Redsn0w

Selain untuk melakukan jailbreak, backup SHSH dan restore, Redsn0w memiliki sebuah fitur untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung.

  • Anda bisa mendownload Redsn0w dari halaman Downloads
  • Hubungkan iPhone ke komputer.
  • Jalankan Redsn0w. Klik menu Extras lalu pilih Even More > Identify.
  • Selanjutnya Redsn0w akan memproses iPhone Anda dan akan menampilkan informasi yang didapatkan melalui sebuah jendela baru.

Sumber:
[Apple Support]
[iClarified]