Install printer Canon MG2270 di Ubuntu

Bagi Anda pemilik printer merek Canon PIXMA MG2270 (detailnya) sama seperti saya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar printer Anda tersebut bisa berjalan di sistem operasi GNU/Linux khususnya distro Ubuntu.

Printer

Untungnya, di Ubuntu 14.04 LTS yang saya pakai tidak perlu lagi meng-install apa-apa untuk bisa menjalakan printer tipe ini. Seri MG2270 ini sudah dikenali langsung, out of the box.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan printer ke laptop Ubuntu dan buka System Settings, kemudian cari menu Printers.

Kondisi awalnya akan muncul pesan “There are no printers configured yet.” Klik tombol Add untuk menambahkan.

Kemudian tunggu (yup, cuma menunggu) sampai printer dikenali. PIXMA MG2270 akan dikenali sebagai MG2200 series, tak apa. Itu normal. Selanjutnya klik namanya dari daftar Devices dan klik Forward untuk melanjutkan.

Semua sudah OK? Lanjut dengan mengklik Apply.

Saat printer-nya berhasil ditambahkan, Anda akan diminta untuk menjalankan print test page. OK-an saja untuk mencetak selembar halaman tes.

Catatan: Seandainya Anda tidak seberuntung saya yang printer-nya langsung dikenali, mungkin Anda perlu menempuh cara biasa; install driver-nya dulu. Driver untuk seri MG2270 ini bisa Anda dapatkan di halaman resmi Canon.

Scanner

PIXMA MG2270 ini juga dilengkapi dengan scanner. Tapi meskipun fitur scan ini tidak bisa langsung dikenali secara out of the box, Anda tetap bisa membuatnya bekerja di Ubuntu dengan meng-install driver yang sudah disediakan Canon.

Download driver untuk scanner-nya (MG2200 series ScanGear MP Ver. 2.00 for Linux) dari halaman ini. Setelah itu ekstrak, dan install file .DEB yang ada di dalam folder /packages dengan urutan scangearmp-common_2.00-1_i386.deb dulu baru scangearmp-mg2200series_2.00-1_i386.

Setelah sukses ter-install, jalankan dengan mengetik scangearmp dari terminal.