RedSn0w

Ini adalah halaman yang khusus menyediakan tutorial jailbreak untethered iOS 5.0.1 untuk iPhone 3GS, iPhone 4, iPad, atau iPod touch menggunakan RedSn0w.

Catatan:
Bukan untuk jailbreak iOS 6.

Halaman ini akan selalu diupdate jika dibutuhkan, jadi pastikan Anda selalu memantau halaman ini untuk melihat perkembangan terbaru tentang penggunaan RedSn0w. Anda harus mengecek halaman ini terlebih dulu untuk memastikan kalau perangkat Anda bisa dijailbreak dengan Redsn0w.

Perhatian!:
Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat Anda. Jika perangkat Anda bermasalah, tolong jangan menyalahkan saya, atau para developer jailbreak. Yang perlu Anda lakukan adalah posting masalah Anda di sini dan jelaskan secara rinci apa yang terjadi. Percayalah, selama kerusakan yang terjadi bukan pada hardware, perangkat Anda akan selalu bisa diperbaiki. Tapi, jika Anda mengikuti panduan berikut ini dengan hati-hati saya yakin tidak akan terjadi apa-apa pada perangkat Anda. Terima kasih.

Langkah 1

iTunes
Pertama-tama, pastikan kalau iTunes yang terinstall di komputer Anda adalah iTunes versi terbaru. Kalau bukan yang terbaru, silakan update terlebih dahulu. Anda bisa mendownload iTunes terbaru langsung dari situs Apple.

Langkah 2

iOS
Pastikan kalau iDevice Anda sudah menjalankan versi iOS yang ingin Anda jailbreak. Misalnya Anda ingin menjailbreak iOS versi 5.0.1, maka iDevice Anda harus menjalankan versi iOS tersebut (5.0.1), kalau belum silakan diupdate dulu via iTunes.

Langkah 3

RedSn0w
Download versi terbaru dari RedSn0w, bisa anda dapatkan di halaman Downloads. Kalau Anda adalah pengguna Mac OS X, download-lah RedSn0w untuk Mac OS X, kalau Anda adalah pengguna Windows download-lah RedSn0w untuk Windows.

Simpan RedSn0w ke komputer Anda dan ekstrak file zip nya.

Langkah 4

Jalankan RedSn0w yang telah didownload.

Redsn0w

Saat RedSn0w berjalan, akan muncul halaman awal RedSn0w seperti dibawah ini:

Jailbreak: Untuk melakukan jailbreak + menginstall Cydia.
Extras: Untuk mengakses fitur tambahan pada Redsn0w, misalnya untuk membuat custom IPSW, membackup SHSH, dan lainnya.

Redsn0w_1

Karena akan melakukan jailbreak, maka klik tombol Jailbreak.

Langkah 5

Hubungkan perangkat Anda ke PC, pastikan device sudah dalam keadaan mati/OFF. Kalau belum mati, matikan dahulu kemudian colok kembali ke PC. Setelah itu klik tombol Next.

Redsn0w_2

Langkah 6

Pada tahap ini, Redsn0w akan memberi petunjuk untuk membuat device masuk ke mode DFU. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Redsn0w.

Tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik,
Redsn0w_3

Kemudian (sambil tetap menekan tombol Power) lanjutkan dengan menekan tombol Home selama 10 detik,

Redsn0w_4

Selanjutnya lepaskan tombol Power, dan tetap lanjutkan menekan tombol Home selama 15 detik sampai Redsn0w mendeteksi device telah masuk ke mode DFU.

Redsn0w_5

Langkah 7

Selanjutnya device akan reboot secara otomatis, tunggu sampai proses ini selesai.

Redsn0w_6

Langkah 8

Kemudian Redsn0w akan masuk ke tahap Preparing jailbreak data.

Redsn0w_7

Langkah 9

Beri tanda centang pada pilihan Install Cydia. Kemudian klik Next.

Catatan:
Kalau perangkat Anda sudah menjalankan jailbreak tethered iOS 5.0.1 sebelumnya, Anda tidak perlu memberi centang pada pilihan “Install Cydia”.

Redsn0w_8

Langkah 10

Selanjutnya perangkat Anda akan reboot sekali lagi dan Redsn0w akan masuk ke tahap Uploading ramdisk.

Redsn0w_9

Langkah 11

Setelah proses uploading ramdisk selesai, Redsn0w akan menampilkan pemberihuan bahwa proses jailbreak talah selesai (Done!).

Perangkat Anda akan reboot kembali, dan setelah itu ikon Cydia akan muncul dihalaman depan iDevice Anda.

Redsn0w_10

Update:
Jika seandainya saat menjalankan Redsn0w dan terjadi error dengan Redsn0w nya, ikuti tips di sini untuk memperbaiki Redsn0w (khusus pengguna Windows).


***As usual a big thanks to the iPhone Dev-Team, Pod2g, and Geohot for their hard work and contribution to the iPhone community***