Giplet

Giplet atau GNOME IP display applet adalah sebuah applet yang fungsinya untuk menampilkan IP Address komputer. Giplet bisa menampilkan IP Address dari interface yang berbeda. Walaupun sangat sederhana tapi applet ini sangat membantu, bayangkan kalau Anda harus melakukan “klik-kanan di NetworkManager > Connection Information” setiap kali ingin mengecek IP Address.

Install Giplet

Jalankan perintah berikut pada Terminal:

Setelah giplet tersinstall, klik-kanan pada panel lalu Add to Panel dan pilih Giplet

Giplet memberikan pilihan untuk menampilkan IP Address internal komputer Anda (192.168.x.y), dan juga IP Address external.

Pada jendela Preferences (klik-kanan pada giplet dan pilih Preferences), akan tampil settingan seperti ini:

Giplet akan mengecek IP Address dari tiap interface tersebut dan akan menampilkan IP yang pertama ditemukan. Karena komputer saya ini menggunakan internet dari sambungan kabel maka interface-nya adalah eth0 dan yang ditampilkan adalah IP address internalnya (192.168.x.y). Anda juga bisa mengatur Giplet untuk menampilkan IP address external di komputer Anda dengan cara menghapus “eth0 wlan0” dari settingan interface dan tetap sisakan www.whatismyip.org.

Tetapi masalahnya adalah www.whatismyip.org sudah lama offline, dan kita tidak bisa lagi mengandalkan situs itu untuk melacak IP address kita. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menampilkan IP address ext. di Giplet? Solusinya adalah kita bisa mencari url lain pengganti www.whatismyip.org, yaitu www.icanhazip.com.

Dan karena saya ingin menampilkan langsung IP Address int. dan ext. secara bersamaan, saya menambahkan giplet dua kali dan memberi settingan berbeda tiap-tiap Giplet, seperti ini:

Sumber:
[Computer notes]