NetworkManager

Sejak pertama kali menginstall Ubuntu (9.04) di laptop saya (Acer Aspire 4736Z), saya perhatikan kalau wirelessnya aktif secara otomatis pada saat startup yang ditandai dengan lampu indikator yang menyala. Untuk laptop tipe ini memang sudah tersedia tombol khusus untuk menonaktifkan wirelessnya, jadi kalau misalnya Ubuntunya sudah masuk ke desktop wirelessnya bisa di nonaktifkan dengan menekan tombol tersebut, atau dengan cara klik-kanan pada applet NetworkManager lalu uncheck Enable Wireless, beres. Tapi lama kelamaan, saya mulai jarang memperhatikan indikator wireless ini, dan membiarkannya aktif walaupun tidak dipakai. Akibatnya baterai lebih cepat habis.

Ternyata wifi yang otomatis aktif ini bukan terjadi hanya pada laptop Acer saja, tapi hampir semua laptop yang terinstall Ubuntu. Setelah cek di google, ternyata memang, wifi akan otomatis aktif saat startup.

Untuk menangani hal ini, kita bisa menonaktifkan wireless dengan cara menyisipkan perintah yang akan dieksekusi pada saat startup. Caranya hampir sama dengan menonaktifkan wireless dari Terminal, tetapi bedanya adalah di mana perintah ini disisipkan.

Caranya adalah sebagai berikut:

Buka Terminal, jalankan perintah ini

Setelah jendela teks editor terbuka, copy baris di bawah ini:

dan paste tepat di atas baris exit 0.

Save, lalu tutup teks editor. Jika mau, Anda bisa langsung mereboot untuk memastikan apakah tips di atas bekerja dengan baik.

Catatan:
Pada beberapa wireless card, wlan0 akan terbaca sebagai eth1, seandainya baris di atas tidak berfungsi, mungkin Anda harus mengganti ifconfig wlan0 down menjadi ifconfig eth1 down

Untuk mengecek wireless card laptop Anda terbaca sebagai apa, jalankan Network Tools (System > Administration).

Pada tab Devices akan muncul seperti ini:

Network Tools

Jika langkah-langkah di atas dirasa kurang jelas, jangan ragu – ragu untuk bertanya.