Nautilus Script

Nautilus adalah file manager untuk desktop GNOME, program untuk menjelajahi direktori, mengakses dan mengelola file. Selain fungsi dasar Nautilus yang biasa kita gunakan, kita juga bisa menambah fungsinya dengan memanfaatkan Nautilus Script.

Nautilus Script adalah sebuah file script dan bersifat executable dan memiliki fungsi-fungsi tertentu terhadap suatu file atau folder terpilih dari klik-kanan Nautilus. Kita tidak perlu bersusah payah untuk menulis script tersebut karena sudah banyak yang meng-share nya di internet terutama di Gnome-look .

Dan setelah perburuan seru selama berbulan-bulan lamanya :P akhirnya saya menemukan beberapa nautilus script yang simple dan cukup berguna. Beberapa diantaranya yang sempat saya tes adalah sebagai berikut:

1. Change Window Buttons
Script ini berguna untuk mengubah layout dari Window button (tombol close, minimize dan miaximize) pada jendela program. Untuk mengubah layout dari window button ini biasanya kita menggunakan Ubuntu-Tweak, menjalankan sebaris perintah di Terminal, atau bahkan langsung mengubahnya pada file configurasi metacity (metacity-theme-1.xml) secara manual pada tiap-tiap tema. Ubuntu-Tweak memang sudah cukup mempermudah, tetapi jika kita hanya butuh fungsi ini saja, untuk apa membuka Ubuntu-Tweak kalau kita bisa menggantinya langsung dari menu klik-kanan ?

Change Window Button

Saat menjalankan script ini kita akan dihadapkan pada 4 pilihan berbeda, yaitu:

Move window buttons to the ‘right’ side: Memindahkan window button ke sisi kanan (normal).
Move window buttons to the ‘left’ side: Memindahkan window button ke sisi kiri (mirip OS X).
Indicate changes for the buttons ‘manually’: Memasukkan settingan yang Anda inginkan, jika masih bingung Anda bisa menggunakan preset yang sudah ada.
‘Delete’ settings that have been set as default: Mereset settingan dan mengembalikannya seperti semula

Anda cukup memilih salah satu menu kemudian klik OK untuk langsung menerapkan. Jika prompt untuk menjalankan gconf-editor muncul, abaikan saja.

Change Window Button

Download Change Window Button:

Instalasi:

Copy file .sh hasil download-an ke direktori:

2. ISO Creator
Script ini berfungsi untuk membuat sebuah file iso dari kumpulan file atau folder. Cara yang biasa digunakan adalah melalui Terminal dengan perintah seperti ini:

di mana /nama_file.iso adalah lokasi Anda akan menaruh file iso yang sudah jadi, dan /folder adalah folder yang akan dibuat menjadi iso.

Dengan menggunakan script ISO Creator kita bisa langsung membuat file iso dari file atau folder tanpa harus membuka Terminal lagi, cukup dengan klik-kanan pada file/folder lalu pilih menu ISO-Creator maka file iso langsung terbentuk.

Kelemahan dari script ini: Kita tidak bisa menentukan di mana kita akan menaruh file iso yang sudah jadi, file iso akan terbentuk pada direktori aktif.

ISO Creator

ISO Creator

Script ini mempunyai dependensi:
mkisofs/genisoimage
zenity (default terinstall pada Ubuntu)

Download ISO Creator:

Instalasi:
Copy file script hasil download-an ke direktori:

3. RGB/HEX Color Picker

Berguna untuk memunculkan jendela pemilihan warna (Color Picker) yang menampilkan komposisi RGB, ataupun kode HEX dari suatu warna.

RGB/HEX Color Picker

Download RGB/HEX Color Picker :

Instalasi:

Jalankan perintah berikut di Terminal:

Ekstrak file hasil download-an, sehingga menghasilkan folder bernama Color-Picker. Masuki folder Color-Picker tersebut lalu copy isinya (folder .colorchart dan Color-Picker) ke dalam

Jangan lupa, setiap file yang masuk ke dalam /.gnome2/nautilus-scripts harus bersifat executable, kalau tidak maka script tersebut tidak akan bisa dijalankan.

Untuk membuat file nya executable, klik-kanan pada sebuah script > Properties > klik tab Permission lalu beri centang semua opsi Execute

bersambung ke part-2…