Sudah sering orang membanding-bandingkan antara Android dan iPhone. Kedua platform tersebut saling dipertandingkan kehebatannya luar dan dalam. Mulai dari desain perangkatnya, sampai ke isinya (baca: sistem operasi). Dan kali ini, kita akan membandingkan tampilan dari aplikasi yang sama (berasal dari pembuat yang sama) pada iPhone dan Android.

iPhone Apps

Ternyata, saat menjalankan dua buah aplikasi yang sama secara bersamaan pada iPhone dan Android akan tampak perbedaan besar pada tampilan aplikasi tersebut, padahal aplikasinya berasal dari perusahaan/pengembang yang sama.

Seperti apa perbedaannya? mari simak beberapa contoh berikut ini:

Meebo IM
Ini adalah tampilan aplikasi Meebo IM pada Android:

dan ini adalah Meebo IM pada iPhone:

Meebo IM <a href=@iPhone" width="500" height="366" />

Dari dua contoh di atas, kita bisa melihat perbedaan yang cukup jelas. Tampilan pada Android sangat kaku, ikon smileys terlalu kecil, dan memang interface pada iPhone terlihat lebih bagus dari pada punya Android.

Facebook
Ini adalah contoh lain, aplikasi Facebook untuk iPhone dan Android:

Facebook apps

Contoh ini juga sangat jelas. Penataan ikon pada Facebook for iPhone lebih baik dari Facebook for Android.

SpeedTest
Aplikasi SpeedTest untuk mengetes kecepatan internet.

SpeedTest

Pada contoh di atas, perbedaan utamanya adalah terletak pada letak menu aplikasi. Menu pada Android terletak pada bagian atas dan menu pada iPhone letaknya pada bagian bawah.

Aplikasi di atas dibuat oleh oleh perusahaan/pengembang software yang sama, tapi mengapa bisa berbeda? Apakah pengembang tidak punya standar khusus dalam mendesain user interface dari sebuah aplikasi? :D :D

Sumber:
[Android Gripes]