Gara-gara kapasitas baterai drop, saya jadi jarang buka Empathy untuk chatting Y!M. Biasanya kalau Empathy-nya sudah jalan, pasti ada saja yang konsultasi atau sekedar tanya-tanya baik itu tentang Ubuntu ataupun tentang jailbreaking iPad/iPhone. Kalau sudah begitu, biasanya onlinenya sampai larut malam, tapi gara-gara kondisi baterai yang seperti ini , terpaksa online di laptop hanya untuk cek email dan cek balasan di forum.

Authentication Failed

Pas kemaren beli baterai baru, akhirnya bisa puas online di laptop :) dan berjumpa lagi dengan fans2 di Y!M :P. Tapi, begitu Empathy nya jalan, muncul error Authentication Failed seperti gambar di atas. Entah kenapa facebooknya gak mau login di Empathy padahal username dan passwordnya sudah benar.

Setelah diselidiki, ternyata masalahnya ada pada metode login pada facebook di web (facebook.com). Saya terbiasa login di facebook menggunakan alamat email (karena sudah autosave di browser), dan jarang login pakai username. Nah, metode login di web facebook ini ternyata berpengaruh langsung pada login facebook di Empathy.

Untuk login facebook di Empathy harus menggunakan username (login dengan alamat email tidak diterima), sedangkan kalau dari web saya sering login menggunakan email, inilah penyebab mengapa muncul pesan Authentication Failed pada saat kita mencoba login facebook di Empathy sementara di web facebook kita login dengan email.

Solusinya adalah:

  • Pada waktu mau login facebook di Empathy, pastikan kalau Anda terlebih dulu login ke web facebook dengan username, bukan email.
  • Jika seandainya Anda sudah login duluan di web facebook dengan alamat email, log-out dulu lalu login lagi menggunakan username. Lalu buka Empathy dan coba login facebook.

Facebook Login

Setelah melakukan salah satu tips di atas, Alhamdulillah saya sudah bisa lagi chatting dengan teman-teman facebook di Empathy.

Login Success