Canonical melalui blognya baru saja mengumumkan bahwa ShipIt, layanan pengiriman CD gratis yang dimulai sejak Ubuntu pertama kali diperkenalkan akan dihentikan.

ShipIt

Apa alasan sampai layanan pengiriman CD gratis yang sudah sangat membantu banyak orang di seluruh dunia ini dihentikan? Simak penjelasannya berikut ini:

  • Pertama, pendistribusian CD saat ini sudah tidak seefektif dulu lagi, dan mahal. Mengapa dikatakan tidak efektif? karena pada zaman sekarang ini layanan internet sudah sangat berkembang, bisa dinikmati dengan harga murah dan dengan kecepatan yang cukup tinggi pula. Dengan mengandalkan layanan internet ini, orang-orang lebih cenderung memilih untuk mendownload file iso dan mem-burningnya ke CD atau menggunakan USB flashdisk. Oleh karena itu, Canonical merasa perlu untuk mengurangi investasi pada pendistribusian CD dan memilih lebih fokus pada LoCo Teams (Local Community Teams) dan berinvestasi pada daerah proyek.
  • Bagaimana dengan LoCo Teams? Ini adalah kuncinya. Canonical masih tetap akan menerima pemesanan CD tetapi hanya untuk LoCo Teams saja. Karena menghargai kontribusi yang telah diberikan Loco Teams kepada komunitas, maka Canonical akan terus menerima permintaan CD dari LoCo Teams.
  • Bagaimana cara LoCo Teams mendapatkan CD? Untuk melakukan request CD, cukup dengan mengunjugi halaman khusus ini.
  • Mengapa hanya LoCo Teams yang boleh menerima CD? Layanan peyediaan CD gratis dari Canonical ini memang hanya dikhususkan kepada LoCo Teams dengan tujuan untuk lebih memberdayakan team dalam rangkan menyebarkan Ubuntu. LoCo Teams yang akan disetujui permintaannya harus menunjukkan kontribusi yang signifikan dan berkelanjutan pada daerahnya.

Dengan ini, mulai sejak dirilisnya Ubuntu 11.04 kita tidak bisa lagi melakukan request CD ke ShipIt (secara individu), tetapi masih bisa mendapatkan CD gratis melalui LoCo di daerah Anda (itu kalau LoCo di daerah Anda sudah merequestnya).

Sumber:
[Jonobacon]