Salah satu kebiasaan yang sulit hilang dari pengguna Windows yang baru mencoba Linux/Ubuntu adalah kebiasaanya me-Refresh desktop. Namun karena di Linux/Ubuntu tidak terdapat menu ini, kita hanya bisa me-refresh dari tombol F5 atau CtrlR saja. Sebenarnya di Ubuntu pun kita bisa membuat sendiri menu Refresh ini dan menampilkannya pada menu klik-kanan dengan program tambahan.

Tertarik mencobanya? Silakan ikuti langkah sederhana di bawah ini.

Untuk membuat menu Refresh tampil pada menu klik-kanan, kita membutuhkan 2 program pendukung, yaitu Nautilus Actions Configurations dan xdotool.

Nautilus Actions Configurations adalah sebuah program tambahan untuk Nautilus (File Manager untuk destkop GNOME) yang bisa membuat fitur baru dari Nautilus itu sendiri, biasanya fitur baru ini ditampilkan pada menu klik-kanan. Sedangkan xdotool adalah sebuah program yang akan mensimulasikan input dari mouse atau keyboard. Kedua program inilah yang akan kita gabungkan untuk membuat menu refresh pada saat kita melakukan klik-kanan pada Nautilus atau Desktop.

Langkah-langkahnya:

  1. Install Nautilus Actions Configurations dan xdotool.
  2. Setelah keduanya terinstall, buka Nautilus Actions Configurations (System > Preferences > Nautilus Actions Configurations).
  3. Klik pada tombol New untuk membuat sebuah konfigurasi baru.
  4. Pada tab Action, Isi datanya sesuai pada gambar di bawah:
  5. Pada tab Command isi dengan:

  6. Path: xdotool key F5
    Parameter: kosongkan

  7. Pada tab Conditions isi dengan:

  8. Filenames: *
    Beri centang pada Match Case,
    Mimetypes: */*
    dan pilih Both.

  9. Terakhir, klik tombol Save untuk menyimpan settingan yang baru dibuat, kemudian tutup program untuk melihat perubahannya.
  10. Hasilnya:

*) Telah diuji dan berhasil pada Ubuntu 10.04.2 LTS, jika Anda masih bingung dengan langkah yang saya jelaskan di atas harap tinggalkan komentar.

Update:
Untuk Ubuntu 11.04 Natty,
Jika Anda mencoba tips ini pada Ubuntu Natty mungkin akan sedikit bingung dengan tampilan menu dari Nautilus Action yang berbeda dengan versi sebelumnya, karena itu s saya sertakan screenshot terbaru dari Nautilus Action yang terinstall di natty.

Catatan:
Anda harus mengikuti settingan yang sama dengan yang ada pada screenshot di bawah ini agar menu Refresh bisa tampil.

1. Action
Nautilus Actions

2. Command
Nautilus Actions

3. Execution
Nautilus Action

4. Basenames
Nautilus Action

5. Mimetypes
Nautilus Action

6. Folders
Nautilus Action

Catatan:
Menu Refresh ini hanya akan tampil kalau kita melakukan klik-kanan pada Folder, File, dan Nautilus saja (Desktop tidak bisa).