Unity Dash

Dash pada Ubuntu 13.04.

Tampilan desktop Ubuntu mulai sejak Ubuntu 11.04 memang lain daripada desktop Ubuntu sebelum-sebelumnya. Perbedaan yang paling utama dan yang mencolok adalah keberadaan sebuah sidebar atau yang disebut dengan launcher di sebelah kiri desktop dan hilangnya panel bawah yang biasanya ditemui pada desktop GNOME pada umumnya.

Sebenarnya penggunaan launcher seperti ini bukan pertama kalinya pada Ubuntu 11.04, karena di Ubuntu 10.10 Netbook Edition pun menggunakan tampilan serupa. Namun karena tidak semua orang pernah memakai versi netbooknya makanya masih sedikit orang yang tahu. Barulah sejak Ubuntu 11.04 dirilis, penggunaan launcher Unity dijadikan default dan Ubuntu versi netbook dihilangkan agar semua komputer desktop, notebook dan netbook mempunyai tampilan antarmuka yang sama.

Tapi, dari beberapa orang yang mencoba mungkin ada yang kurang suka dengan penerapan launcher ini, lalu kemudian berniat memindahkannya ke posisi lain, misalnya ke bawah. Jika Anda salah satu orang yang berniat untuk mengubah posisi launcher Unity, Anda mungkin harus bersabar, karena untuk saat ini hal itu tidak bisa dilakukan. Ya, kita tidak/belum bisa memindahkan launcher Unity ini ke posisi yang kita inginkan dan memang tidak ada rencana developer untuk membuat fitur itu.

Anda kecewa? mungkin semua orang begitu, tapi sebaiknya Anda membaca beberapa penjelasan di bawah ini yang menurut saya sangat masuk akal; mengapa launcher Unity sebaiknya tidak berubah posisi:

  1. Kebanyakan monitor saat ini (laptop/desktop) memiliki aspek rasio widescreen (16:9 / 16:10). Artinya memiliki ruang ekstra pada sisi horizontal dibanding sisi vertikalnya dibanding pada monitor biasa.
  2. Widescreen

    Widescreen

  3. Kebanyakan aplikasi dan situs-situs web tidak menggunakan seluruh sisi lebar (horizontal) dari layar monitor Anda, tidak percaya? coba buka sebuah situs web, pasti akan ada ruang kosong pada kedua sisi (kiri dan kanan) dari situs web yang tidak terpakai/kosong.
  4. Pada saat menelusuri situs web atau membuka aplikasi, kita lebih cenderung melakukan scroll ke bawah/atas dari pada ke samping kiri/kanan. Artinya aktivitas pengguna sangat bergantung pada sisi vertikal layar.
  5. Membuat launcher berada pada posisi bawah/atas akan membuat ruang vertikal semakin sempit, dan semakin sering melakukan scrolling pada situs web atau aplikasi.
  6. Posisi launcher Unity yang berada di sisi kiri (dari atas ke bawah) tidak akan membuat perubahan besar dan tidak akan membuat sempit layar widescreen Anda.
  7. Posisi launcher yang berada di sebelah kiri dekat dengan tombol bfb (big funny button) yang membuat kita mudah mengakses Dash (menu).

I think the report actually meant that the launcher should be movable to other edges of the screen. I’m afraid that won’t work with our broader design goals, so we won’t implement that. We want the launcher always close to the Ubuntu button.

status wontfix

Mark Shuttleworth via Launchpad

Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal di atas jika berniat mengubah posisi/orientasi dari launcher Unity.

Sumber:
[Ask Ubuntu]