LiveUSB

LiveUSB Install

LiveUSB Install adalah sebuah perangkat lunak gratis untuk GNU/Linux dan Windows. LiveUSB Install memungkinkan kita untuk menginstall distro linux melalui flashdisk. LiveUSB Install adalah alternatif dari program sejenis yang membuat kita bisa menginstall distro linux tanpa harus membakar file ISO ke CD, misalnya UNetbootin, Universal USB Installer dan Startup Disk Creator (bawaan Ubuntu).

LiveUSB Install mendukung banyak sekali Distro Linux seperti Meego, Android, Fedora, Linux Mint dan masih banyak lainnya yang daftarnya bisa dilihat secara lengkap di sini.

Selama ini kebanyakan orang hanya mengandalkan UNetbootin atau Universal USB Installer sebagai solusi untuk menginstall distro linux dari flashdisk, tapi saya yakin setelah mencoba LiveUSB Install Anda akan tertarik untuk memberi kesempatan kepada LiveUSB Install untuk menunjukkan kebolehannya :) Berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan:

  • Support banyak distribusi linux
  • Download ISO otomatis dari Internet
  • Multiplatform (Windows & Linux)
  • Seluruh bagian program dibuat dengan perangkat lunak bebas (Python, GTK, GIMP, Inkscape)
  • Terdapat mode persistent, yaitu menyimpan konfigurasi user dari LiveCD sehingga settingan Anda tidak hilang saat direstart

Menu Utama

LiveUSB Install

Dari Menu utamanya saja bisa diperhatikan kalau sangat rapi dan mudah dimengerti oleh pengguna awam. Bagian utama LiveUSB Install terdiri dari:

Mode:
Distribution: Instalasi normal untuk distro linux (default)
Custom syslinux config: Instalasi dengan membuat konfigurasi tambahan
WinGrub ISO Chainloader: Konfigurasi untuk wingrub
IMG Write: Menginstall dari file IMG

Install from:
CD/DVD Drive: Keping CD atau DVD
ISO Image: File iso yang ada pada harddisk
Internet: Mendownload distribusi langsung dari internet

Pada menu ISO Image terdapat opsi Autodetect distribution yang gunanya adalah untuk mengecek file ISO yang akan dijadikan livecd, selain dideteksi nama distronya MD5 nya pun dicek, contoh saat ditest dengan file iso Ubuntu 11.04:
Autodetect distribution

Select Linux Distribution:
Ini adalah submenu dari Install from: ISO Image, di mana kita diberi pilihan untuk mendownload distribusi apa dan versi berapa yang kita inginkan. Pilian distribusinya sangat banyak, dan versinya pun tak kalah lengkapnya

Select Version

Salah satu keunggulan dari LiveUSB Install ini adalah kita diberi preview dari distribusi linux sebelum didownload, keren bukan? Caranya adalah dengan mengklik tombol kecil yang berada tepat disamping menu pilihan distro

Preview

Anda tinggal tentukan distronya apa dan versinya berapa, terus klik tombol preview.. viola ! Preview desktopnya akan muncul. Ini contoh beberapa previewnya:

Ubuntu

Ubuntu

CentOS

CentOS

Jolicloud

Jolicloud

YLMF

YLMF

Install to:
Terakhir dan fitur paling penting, yaitu menu install ke flashdisk. Anda harus mencolok flashdisk dulu supaya bisa terbaca oleh LiveUSB Install. Di menu ini juga terdapat pilihan persistent, yaitu membuat LiveCD dapat menyimpan settingan yang kita buat dan tidak hilang saat diinstall. Besar space-nya bisa tentukan sendiri.

persistent

Download

Tidak sabar mencobanya? Ingin segera memiliki Distro Linux dalam saku? LiveUSB Install tersedia dalam dua versi, yaitu versi Windows (.EXE) dan Linux (.DEB). Silakan download langsung dari situs resminya: LiveUSB Install