iPhone Explorer

Sebenarnya ada banyak program alternatif (berbayar ataupun gratisan) yang bisa menggantikan fungsi iTunes untuk mentransfer file dari PC ke iPhone/iPod/iPad. Contoh program yang cukup populer adalah iPhoneBrowser dan iPhone Explorer*, program ini bertindak sebagai file manager yang bisa menghubungkan antara iPhone/iPod/iPad dengan komputer sehingga kita bisa mengakses direktori dari iPhone/iPod/iPad langsung dari komputer layaknya mengakses isi harddisk sendiri, sebuah fitur yang tidak dimiliki iTunes.




Tapi sayangnya, walaupun program ini bisa “menggantikan” beberapa fungsi iTunes, kita masih tetap harus menginstall iTunes dikomputer kita. Ini disebabkan karena iTunes mempunyai driver tersendiri yang menjadi pintu penghubung untuk berkomunikasi antara komputer dan iPhone/iPod/iPad. Jadi, kita bisa mengakses isi dari iPhone/iPod/iPad melalui iPhoneBrowser, iPhone Explorer dan program lain yang sejenis karena bantuan driver khusus ini. Lalu bagaimana kalau driver ini belum terinstall? tentu saja iPhoneBrowser dan iPhone Explorer jadi tidak berguna.

iPhone Explorer

iPhone Explorer


Lalu bagaimana caranya mentransfer file dari komputer ke iPhone/iPod/iPad (menggunakan iPhoneBrowser atau iPhone Explorer) pada komputer yang belum terinstall iTunes? Jawabannya adalah kita membutuhkan driver khusus ini, lupakan iTunes sejenak.

Driver yang dimaksud adalah:

  • AppleApplicationSupport.msi
  • AppleMobileDeviceSupport.msi
  • QuickTime.msi

Ketiga file ini ada di dalam installer iTunes (iTunesSetup.exe). Nah pertanyaanya sekarang apakah Anda mau menginstall program yang tidak ingin Anda jalankan? Jawabannya adalah Anda bisa menggunakan CopyTrans Drivers Installer.

CopyTrans Drivers Installer

CopyTrans Drivers

CopyTrans Drivers Installer adalah program yang akan menginstall ketiga driver ini secara otomatis.

Saat program ini dijalankan, Anda bisa memilih opsi:

Automatic Install: Akan mendownload iTunes dari situs web Apple, kemudian mengekstraknya dan menginstall ketiga driver.
Manual Install: Menginstall driver dari installer iTunes yang sudah ada sebelumnya**.

Setelah ketiga driver ini terinstall, Anda sudah bisa mengakses file pada iPhone/iPod/iPad tanpa iTunes.


*)Download iPhoneBrowser atau iPhone Explorer di sini.
**) Untuk iOS4, harus menggunakan iTunes dengan versi 9.2 keatas