Mac OS X Lion

Beberapa hari lagi Apple akan memperkenalkan versi terbaru dari sistem operasi desktop mereka, yaitu Mac OS X Lion. Lion akan diperkenalkan bersamaan dengan iOS 5, sistem operasi untuk mobile dan tablet, serta iCloud pada acara WWDC yang akan dilangsungkan pada 6 Juni 2011.

Mac OS X adalah sistem operasi yang sangat matang. Memiliki basis yang kuat dan didukung dengan teknologi yang juga kuat serta cepat dan dapat diandalkan, memiliki layanan yang diinginkan oleh setiap penggunanya.

Akan tetapi, sistem operasi ini (OS X) dapat ditingkatkan lagi menjadi lebih baik dan sederhana pada level user interface. Dengan alasan ini pula Microsoft memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka Windows 8, yang merupakan perpaduan antara sistem operasi desktop dan sistem operasi tablet.

Faktanya adalah, Apple telah menerapkan model ini pada sistem operasi mereka: iOS dan Mac OS X. Apple akan merilis Mac OS X Lion yang akan memadukan user experience antara desktop (Mac OS X) dan touch (iOS) menjadi satu, kurang lebih sama seperti yang dilakukan Miscrosoft pada Windows 8.

Dengan adanya model baru pada OS X ini maka para pengembang software membutuhkan waktu untuk dapat mempelajarinya dan membuat user merasa dengan perubahan model ini. Untuk itulah Mac OS X Lion akan menjadi sistem operasi transisi (menuju model baru) dan juga menjadi akhir dari Mac OS X.

Big Cats

Apple memulai Mac OS X dari Cheetah (Mac OS X 10.0) yang diperkenalkan pada 24 Maret 2001, dan terus merilis “kucing besar” mereka hingga 6 Juni nanti, yaitu saat Mac OS X Lion diperkenalkan kepada publik. Apakah OS X Lion akan menutup seri “kucing besar” dari sistem operasi Apple?

Pemberian nama Lion ini tentu saja bukan kebetulan, nama kucing besar ini memilik arti penting dari rilis Mac OS X selanjutnya. Lion adalah raja, dan tidak ada lagi yang melawan raja, dan kemungkinan besar akan menjadi seri terakhir dari kucing besar Apple.

Jika Mac OS X Lion adalah yang terakhir, lalu apakah Mac OS X akan menghilang? tentu saja tidak. Mac OS X Lion akan menjadi sistem operasi transisi menuju sebuah sistem operasi model baru, interface baru dan elemen yang baru.

Sumber:
[Gizmodo]
[QISS Kids]