Microsoft dan Apple, keduanya sama-sama memiliki sistem operasi mobile/phone dan desktop. Microsoft memiliki Windows 7 untuk deskop dan Windows phone 7 untuk mobile, sedangkan Apple memiliki Mac OS X untuk desktop dan iOS sebagai sistem operasi mobile/phone.

Namun yang menjadi perbedaan yang paling mendasar adalah, Apple memutuskan untuk menggunakan sistem operasi mobile (iOS) mereka untuk tablet dan Microsoft memutuskan untuk menggunakan sistem operasi desktop (WIndows 8 ) mereka untuk tablet.

Microsoft punya banyak cerita dengan usaha mereka untuk menjadikan WIndows (desktop) sebagai OS tablet, dan tidak ada yang berhasil (lihat nanti dengan WIndows 8). Apa yang membuatnya gagal? Salah satu alasan adalah Microsoft kurang tertarik untuk membuat program yang khusus untuk tablet, terutama Office. Dan sepertinya Microsoft tidak memahami dan mengambil pelajaran dari kesuksesan iPad.

Lalu apa “rahasia” sehingga iPad bisa sukses? Rahasianya adalah Apple mampu membuat sebuah mesin yang memiliki RAM sebesar 256 MB dan 16 GB ruang penyimpanan hanya dengan harga $ 499 !

Windows 8 sepertinya ditujukan untuk menandingi iPad, tablet milik Apple yang sudah sukses duluan. Ini ditandai jelas pada user interface Windows 8 yang “meminjam” tampilan Metro UI yang ada di Windows phone 7. Microsoft sadar, kalau sudah saatnyalah mereka membuat sistem operasi yang dikhususkan untuk tablet.

Selamat datang Windows 8 :)