Download process

Sebenarnya ada cukup banyak program download manager yang tersedia untuk Ubuntu. Anda bisa menemukan program yang cocok pada Ubuntu Software Center, pusatnya aplikasi dan games untuk Ubuntu. Tapi beberapa orang tidak peduli jumlahnya, mereka hanya ingin tahu manakah download manager yang terbaik, itu yang akan mereka pakai.

Saya tidak akan mereview semua program download manager yang tersedia untuk Ubuntu karena saya tidak punya waktu untuk mengujinya semua. Tapi jika Anda butuh review, silakan ke situs ini. Situs tersebut mereviewnya dengan sangat baik, mulai dari memberikan penjelasan tentang programnya, memberikan rating, cara install, sampai dengan memberikan screenshot dari program tersebut saat men-download.

Tapi, karena saya merasa masih ada yang kurang dari download manager yang direview di situs tersebut, maka saya akan tambahkan satu lagi: ProZilla download accelerator, salah satu downloader favorit saya.

ProZilla

ProZilla adalah sebuah program download accelerator untuk GNU/Linux yang bekerja pada console Linux (program console di Ubuntu adalah Terminal):

Install ProZilla di Ubuntu

ProZilla bisa diinstall di Ubuntu mulai versi 9.10 (Karmic) sampai dengan 11.04 (Natty), dan dengan PPA TahuTek.net kita bisa menginstall ProZilla dengan mudah.

Cara install:
Buka Terminal dan jalankan perintah di bawah ini

Setelah ProZilla sukses terinstall, Anda bisa mencoba mendownload sebuah file dengan ProZilla dari Terminal dengan format:

Catatan: ganti url_files dengan link/url dari file yang ingin didownload (harus berupa direct link).
contoh:

Penggunaan ProZilla

ProZilla
Terdapat beberapa opsi utama untuk memaksimalkan penggunaan ProZilla ini, beberapa opsi yang sering saya gunakan adalah:

-r
untuk melanjutkan proses download yang terhenti (hanya jika server tempat file yang didownload mendukung resume download).

-k=x
untuk menentukan jumlah koneksi (x) download, misalnya -k=5, -k=10 dan seterusnya. Secara default jumlah koneksi pada ProZilla adalah 4.

--max-bps=x
untuk menetapkan kecepatan download (dalam bps), misalnya --max-bps=20000 artinya ProZilla akan mendownload file dengan kecepatan stabil di 20000 bps atau 20 KB/s.

Opsi-opsi di atas bisa digunakan dengan format seperti ini:

contoh mendownload iso Ubuntu dengan kecepatan 90 KB/s:

atau, mendownload iso Ubuntu dengan kecepatan 90 KB/s dengan menggunakan 20 buah koneksi:

Pause & Resume

Untuk menghentikan proses download yang sedang berlangsung di ProZilla kita hanya perlu menekan CtrlC di keyboard,

sedangkan untuk melanjutkan kembali proses download kita bisa mengulangi perintah download dari awal (atau dengan menambahkan opsi -r), maka ProZilla secara otomatis mendeteksi apakah file yang lama masih ada pada direktori tujuan atau tidak.

Di manakah direktori penyimanan hasil download?
Direktori penyimpanan hasil download dari ProZilla adalah direktori di mana ProZilla (proz) dijalankan dari Terminal.

contoh:

ProZilla

Gambar 1

ProZilla

Gambar 2

Pada Gambar 1, file hasil download-an akan tersimpan di home directory (/home/ivan90112/). Sedangkan pada Gambar 2, file hasil download-an akan tersimpan pada direktori ~/Downloads yang lokasinya ada dalam home directory (/home/ivan90112/Downloads).

Mengubah default connection pada ProZilla

Secara default jumlah koneksi yang digunakan adalah sebanyak 4 buah, tapi Anda bisa mengubahnya dengan mengedit file prozconfig, caranya:

Buka Terminal, dan jalankan perintah ini:

Prozconfig

Setelah jendela gedit terbuka, ubah nilai dari threads=4 sesuai keinginan Anda, misalnya threads=10, atau berapapun.

Integrasi ProZilla dengan Mozilla Firefox

Jika Anda tidak mau repot meng-copy url download dan mem-paste nya ke Terminal setiap kali ingin mendownload Anda bisa saja memanfaatkan sebuah Add-ons Firefox. Add-ons ini bernama FlashGot, gunanya adalah mengintegrasikan download manager/accelerator di Ubuntu dengan Firefox.

Caranya:

  • Masuk ke situs web FlashGot
  • Klik tombol INSTALL yang ada pada halaman tersebut
  • Akan muncul pop-up menu penginstalan dari FlashGot, klik Allow untuk menginstall

FlashGot Install

  • Setelah selesai menginstall Add-ons FlashGot, restart Firefox. Lalu masuk ke Tools > Add-ons dan cari FlashGot lalu kilik tombol Preferences.
  • Pastikan kalau ProZilla sudah masuk ke daftar download manager yang dikenali oleh FlashGot

FlashGot Preferences
Jika ProZilla sudah dikenali dan terintegrasi dengan baik, saatnya mengujinya dengan mendownload sebuah file.
Contoh:
ProZilla Firefox
Hasilnya:
ProZilla Firefox