iOS 7 yang diperkenalkan oleh Apple pada acara WWDC 2013 membuat banyak pengguna iDevice menjadi tidak sabar untuk mencobanya. Bagaimana tidak, iOS 7 hadir dengan fitur-fitur terbaru untuk iPhone, iPod dan iPad. Namun, secara resmi iOS 7 baru akan tersedia untuk publik pada “fall 2013” yaitu sekitar akhir bulan September.

Sebelum iOS resmi dirilis ke publik, biasanya melewati beberapa tahap dulu seperti Beta 1, Beta 2 dan GM (Gold Master), dan semua versi Beta/GM hanya bisa didownload/akses oleh developer Apple saja. Salah satu tujuannya adalah untuk mengetes kompatibilitas aplikasi pada suatu versi iOS terbaru. Versi beta tidak akan dilepas ke publik karena versi beta adalah versi yang belum stabil dan masih terdapat banyak bug, tidak cocok untuk pemakaian sehari-hari.

Beta hanya untuk developer

Developer Apple, khususnya iOS, adalah orang yang teregistrasi sebagai developer oleh Apple, itu kalau Anda membayar sekitar $99 pertahun. Jika Anda bukanlah developer mungkin Anda bisa mendownload iOS (IPSW) dari tempat lain, ini bisa saja terjadi karena beberapa developer yang sudah punya iOS versi beta telah menguploadnya ke situs file sharing agar bisa didownload secara bebas. Meskipun Anda sudah punya iOS versi beta, Anda tidak bisa bebas menginstallnya begitu saja ke iDevice Anda karena iOS versi beta harus diaktivasi dengan akun developer agar bisa digunakan. Dan ketahuilah, jika Anda bukan developer tapi menginstall iOS beta ke iDevice berarti Anda telah membajak software Apple.

iOS versi beta bukanlah untuk pemakaian sehari-hari ! Apakah anda berpikir kalau menginstall iOS & beta maka Anda akan langsung menikmati banyak fitur terbaru? Tidak. Selain menutupi bug, tahap beta juga adalah tahap penambahan fitur-fitur baru, itu artinya fitur-fitur terbaru dari iOS 7 akan dimasukkan secara bertahap, bukan sekaligus. Mengapa dimasukkan secara bertahap? karena itu akan memberikan waktu kepada para developer untuk membuat aplikasi terbaru dengan memanfaatkan fitur terbaru pula. Jangan pula bergantung pada jailbreak, karena aplikasi yang ada di Cydia belum tentu stabil pada iOS beta.

Masa expired

Jangan ceroboh untuk menginstall versi beta sekarang. iOS versi beta biasanya punya masa expired (biasanya beberapa bulan), ketika masa expirednya tiba maka Anda diharuskan untuk mengupgradenya ke versi beta terbaru (misalnya Beta 1 ke Beta 2) kalau tidak maka iDevice Anda akan tidak bisa digunakan lagi. Ini berarti Anda harus membajak lagi agar bisa selamat.

Kesimpulan

  • iOS 7 Beta bukan untuk pemakaian sehari-hari, bug sudah pasti ada
  • iOS 7 Beta hanya untuk developer, digunakan untuk pengembangan fitur
  • iOS 7 Beta belum memiliki seluruh fitur dari iOS 7
  • Menginstall iOS 7 beta adalah pembajakan (kalau Anda bukan developer)