Steve Jobs - CEO

Beberapa bulan sebelum Steve Jobs memutuskan untuk berhenti dari jabatan CEO, sebenarnya sudah ada beberapa indikasi kalau momen ini akan datang tidak lama lagi.

Berikut ini beberapa indikasi yang menunjukkan kalau Steve Jobs telah mempersiapkan pengunduran dirinya.

Steve Jobs mengambil cuti medis

Pada bulan Januari lalu Steve Jobs mengumumkan bahwa ia akan mengambil cuti medis. Berikut ini adalah surat yang dikirimkannya kepada karyawan Apple:

Team,

At my request, the board of directors has granted me a medical leave of absence so I can focus on my health. I will continue as CEO and be involved in major strategic decisions for the company.

I have asked Tim Cook to be responsible for all of Apple’s day to day operations. I have great confidence that Tim and the rest of the executive management team will do a terrific job executing the exciting plans we have in place for 2011.

I love Apple so much and hope to be back as soon as I can. In the meantime, my family and I would deeply appreciate respect for our privacy.

Steve Jobs

Surat di atas menerangkan bahwa Steve Jobs mengambil cuti medis agar ia lebih lebih fokus ke kesehatannya. Kesehatan Steve Jobs yang semakin memburuk merupakan suatu pertanda kalau Steve Jobs tidak akan bertahan lebih lama lagi di Apple.

Keynote Steve Jobs pada WWDC 2011

WWDC yang dilangsungkan pada bulan Juni 2011 lalu memang masih dihadiri oleh Steve Jobs yang saat itu posisinya di Apple Inc. masih sebagai CEO. Tapi kalau Anda lebih cermat mengamati situs Apple, ada yang spesial dari thumbnails video keynotes Apple.

Perhatikan thumbnails video berikut ini:
Apple keynotes

Gambar di atas yang saya kutip dari halaman ini jelas menunjukkan kalau Steve Jobs lah yang sebagai keynotes speaker pada setiap acara resmi Apple. Tapi sebenarnya walaupun hanya foto Steve Jobs yang muncul, pada setiap acara tersebut hadir juga Tim Cook, Ive, Forstall, Schiller, dan petinggi Apple lainnya sebagai peserta utama.

Lalu bandingkan dengan thumbnail video berikut ini:
Apple keynotes

Scott Forstall and Phil Schiller ikut dimasukkan bersama dengan Steve Jobs! Apakah ini kebetulan? Menurut saya ini jelas bukan kebetulan. Saya yakin tujuan Apple memasang thumbnail seperti itu adalah menunjukkan kepada masyarakat terutama “the Apple Community” kalau yang akan membawakan keynotes berikutnya bukan lagi Steve Jobs sebagai “the master”, tetapi dan “the Apple Community” harus siap dengan itu.

Kampus masa depan Apple

Lima tahun yang lalu Steve Jobs datang ke dewan kota Cupertino dan menyampaikan rencananya untuk membangun sebuah kampus baru untuk dapat mengimbangi tenaga kerja Apple yang terus meningkat.

Kemudian tiga hari setelah WWDC 2011, Steve Jobs kembali datang ke dewan kota Cupertino dan mengungkapkan hasil kerja meraka selama ini (sejak 5 tahun yang lalu).

Model bangunan:

Apple campus2

Apple campus 2

Apple campus

image by allaboutstevejobs.com

Apple’s org chart

Apple’s org chart

[fullsize]

Steve Jobs tentu sudah lama menginginkan agar kampus mewahnya ini segera jadi kenyataan. Selain karena tenaga kerja Apple yang semakin berkembang, kampus ini akan menjadi tempat istirahat Steve Jobs, tempat di mana dia akan menghabiskan sisa hidupnya saat tidak lagi menjadi CEO Apple.

Biografi resmi Steve Jobs

Steve Jobs

Buku biografi tentang Steve Jobs ini adalah karya Walter Isaacson. Rencananya buku biografi yang berjudul ‘iSteve: The Book of Jobs’ ini akan dirilis pada akhir tahun 2011 atau awal tahun 2012.

Sebenarnya sudah banyak buku biografi tentang Steve Jobs yang telah beredar sebelumnya, tetapi sayangnya tidak ada yang dirilis dengan persetujuan Steve Jobs. Sedangkan buku karya yang dirilis nanti adalah buku biografi yang sudah mendapat persetujuan dari Steve Jobs.

Isaacson sudah banyak menulis buku biografi orang terkenal, beberapa diantaranya adalah Benjamin Franklin dan Albert Einstein yang merupakan buku dengan penjualan terbaik.

Dan saya yakin, kalau buku ini adalah salah satu dari persiapan Steve Jobs untuk “pergi” dari Apple.

Beristirahat dengan tenang sambil membaca biografi, sempurna !