BSoD

BSoD

Bagi sebagian orang terutama pengguna Windows pasti sudah pernah atau sering mengalami BSoD (Blue Screen of Death) atau bluescreen di komputer Windowsnya, tapi bagaimana dengan pengguna Linux?

Biarpun BSoD itu sangat terkenal (terutama di Windows), tetapi tidak ada user Windows yang menginginkannya terjadi. Tapi bagaimana kalau seandainya komputer Linux yang mengalami kejadian BSoD?

Yup, dengan bantuan XScreenSaver plus paket tambahannya kita bisa mengaktifkan BSoD buatan di Ubuntu.

XScreenSaver is the standard screen saver collection shipped on most Linux and Unix systems running the X11 Window System. I released the first version in 1992. In 2006, I ported it to MacOS X 10.4.

On X11 systems, XScreenSaver is two things: it is both a large collection of screen savers; and it is also the framework for blanking and locking the screen.

Dengan trik ini kita bisa mengerjai teman-teman yang sedang pakai komputer kita, atau mau gaya-gayaan pakai bluescreen yang reproduceable. Tapi bukannya terasa aneh kalau di komputer Linux terjadi BSoD? Walaupun namanya BSoD tapi bukan hanya bluescreen (khas Windows) saja yang tersedia, tapi juga Sad Mac, fsck (Linux) dan masih banyak lainnya.

Install XScreenSaver

Install terlebih dahulu program dan paket-paket yang dibutuhkan.

Buka Terminal, dan jalankan perintah di bawah ini secara berurutan:

Konfigurasi XScreenSaver

Setelah XScreenSaver terinstall Anda bisa menjalankannya dari System > Preferences > Screensaver (untuk Ubuntu dengan classic desktop), sedangkan pada Ubuntu 11.04 XScreenSaver bisa diakses dari menu dash:

Screensaver menu

Saat mengetik “screensaver” maka Anda akan melihat 2 buah menu Screensaver ini wajar, karena gnome-screensaver yang merupakan program screensaver default memiliki nama yang sama (dan ikon yang sama juga) dengan XScreenSaver. Pilih saja Screensaver yang kedua untuk menjalankan XSCreenSaver.

Pertama kali menjalankan XScreenSaver akan muncul notifikasi seperti ini:

XScreenSaver dialog

yang berarti Anda harus menghentikan daemon dari GNOME Screensaver terlebih dahulu sebelum mengaktifkan XScreenSaver. Mengapa harus dihentikan? Karena 2 daemon dari screensaver yang berbeda tidak bisa jalan disaat yang bersamaan.

Klik OK saja untuk melanjutkannya.

Menu konfigurasi XScreenSaver

XScreenSaver settings menu

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, pilihan-pilihan jenis screensaver dari XScreenSaver juga ada pada GNOME ScreenSaver. Jadi sebenarnya pada saat Anda menginstall xscreensaver-screensaver-bsod maka BSoD sudah bisa diaktifkan dari GNOME Screensaver akan tetapi menu konfigurasinya tidak selengkap yang ada di XScreenSaver.

Untuk mengubah settingan BSoD nya, klik pada pilihan BSoD yang ada di panel kiri, kemudian klik tombol Settings… untuk mengaturnya.

XScreenSaver BSoD setting

Anda bisa mengaktifkan yang mana Anda sukai, apakah BSoD dari Windows NT, Windows 3.1, Sad Mac, atau fsck itu terserah Anda. Anda pun bisa mencoba satu-satu dengan menu Preview yang tersedia.

Selamat mencoba :)

Sumber:
[Linuxers]