Facebook Timeline
Sejak 3-4 hari yang lalu Facebook berganti tampilan lagi untuk kesekian kalinya. Sayangnya, banyak pengguna Facebook terutama pengguna lama yang tidak setuju dan memprotes perubahan tampilan ini karena merasa perubahan Facebook sudah terlalu banyak. Nah, perubahan yang kemarin itu sebenarnya baru permulaan saja, mengapa begitu? Karena akan ada perubahan lainnya yang akan menyusul.

Tadi malam (waktu Indonesia) Facebook menggelar F8, yaitu konferensi bagi para pengembang Facebook dan di situ Mark Zuckerberg (CEO Facebook) memperkenalkan Facebook Timeline.

Facebook Timeline adalah pengganti halaman profil Facebook yang lama (yang Anda pakai sekarang ini). Timeline akan menampilkan “kisah hidup” Anda; seperti status, foto-foto yang diupload, postingan dari teman Anda, dan juga aktivitas lainnya yang ditampilkan secara kronologis sebagai satu “alur cerita”.

Tersedia untuk developer saja

Walaupun Facebook sudah memperkenalkan fitur Timeline ini sejak tadi malam, tetapi fitur ini belum tersedia untuk umum karena masih berstatus ujicoba/dalam pengembangan, dan hanya bisa diakses oleh developer Facebook saja.

Aktifkan Facebook Timeline

Namun, ada cara khusus agar kita bisa mencoba Timeline di profil kita sendiri sebelum Facebook meresmikannya untuk umum.

Ingin mencobanya? Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk mengaktifkan fitur Timeline ini, tetapi sebelum itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Hanya Anda sendiri (si pemilik profil) yang bisa melihat Timeline Anda. Teman Anda tidak bisa melihatnya, tetapi secara otomatis akan tersedia dalam beberapa hari setelah diaktifkan.
  • Akun Anda harus sudah di verifikasi, baik itu melalui kartu kredit atau nomor telepon. Jadi sebelum mencoba Timeline sebaiknya Anda memverifikasi akun Anda, dengan nomor telepon misalnya.

Contoh Timeline punya saya:

Facebook Timeline

Facebook Status

Langkah-langkah mengaktifkan Timeline:

catatan: Halaman Facebook yang saya gunakan berbahasa Inggris, jadi jika Anda menggunakan Bahasa Indonesia pada Facebook Anda harap disesuaikan saja :-).

  • Login ke Facebook dulu (sebaiknya dari komputer pribadi).
  • Aktifkan mode Developer (kalau belum aktif), caranya ketik Developer pada kotak pencarian (search box) dan klik pada pilihan pertama/paling atas:
  • Facebook Dev

  • Masuk ke menu Apps yang ada dihalaman ini.
  • Buat sebuah App dengan mengklik tombol + Create New App yang letaknya dibagian kanan atas:

Create New Apps

  • Beri Name dan Namespace seperti contoh ini (Anda bisa menggantinya dengan nama buatan Anda sendiri):

Apps Name

  • Setelah selesai membuat nama aplikasinya, selanjutnya klik menu Open Graph yang ada dibagian kiri:

Open Graph

  • Tentukan action dan object dari aplikasi yang kita buat, pada contoh ini saya mengisi “read” untuk action dan “book” untuk object nya, bisa juga “watch” dan “movie”. Kemudian klik Get Started untuk melanjutkan.

Open Graph

  • Pada tahapan berikutnya, lewati semua pengaturan dengan mengklik tombol Save and Finish pada bagian bawah.

Kalau sudah sampai ke tahap ini:

Facebook App

artinya proses pembuatan App nya sudah selesai.

Terakhir, buka Beranda/Home atau Profil Facebook Anda dan tunggu beberapa menit sampai undangan untuk mencoba Timeline muncul.

Facebook Developer
Klik Get It Now untuk mencobanya.

Sumber:
[RedmondPie]