Microsoft baru saja mengumumkan bahwa pihaknya telah menandatangani perjanjian dengan Samsung Electronics Co. Ltd., untuk paten lisensi-silang dari kedua perusahaan tsb. Menurut ketentuan dari perjanjian tersebut Microsoft akan menerima royalti dari setiap ponsel dan tablet Samsung yang menjalankan sistem operasi Android. Dan sebagai tambahan, kedua perusahaan sepakat untuk bersama-sama mengembangkan dan memasarkan Windows Phone.

Under the terms of the agreement, Microsoft will receive royalties for Samsung’s mobile phones and tablets running the Android mobile platform.

Jika Samsung bersedia membayar royalti kepada Microsoft apakah ini artinya Samsung mengakui bahwa Android bermasalah dengan intellectual property (IP) ?

Lalu bagaimana tanggapan Google terhadap masalah ini? Bukankah Google membeli Motorola untuk mengamankan Android? Kalau memang Samsung merasa Google-Moto akan membantu dalam kasus ini maka sudah pasti Samsung tidak akan menanda-tangani perjanjian ini secepat ini, paling tidak Samsung menunggu respon Google dulu sebelum bertindak.

“We welcome today’s news, which demonstrates Google’s deep commitment to defending Android, its partners, and the ecosystem.”

J.K. Shin
President, Samsung, Mobile Communications Division

Saya sudah tidak sabar menunggu respon dari Google, partner nya Samsung :D Bagaimana dengan Anda?

Sumber:
[Foss Patents]