iPhoneExplorer

Secara default iPhone, iPad dan iPod touch dengan versi iOS 4.x sudah terdeteksi dengan baik di Ubuntu mulai sejak Ubuntu 10.04 LTS dirilis. Kita hanya perlu mencolok kabel datanya saja dan iPhone, iPad atau iPod touch yang terhubung akan langsung terdeteksi (istilahnya ter-mount) sebagai media penyimpanan dan multimedia player tanpa harus melakukan jailbreak.

Kalau menggunakan Windows kita harus menginstall software seperti iPhone Explorer atau iPhoneBrowser, sedangkan kalau menggunakan Ubuntu (versi 10.04 keatas) kita tidak perlu menginstall apapun karena iPhone, iPad atau iPod touch yang terhubung akan langsung terbaca di Nautilus (file manager di Ubuntu).

Saat kita mengubungkan iPhone, iPad atau iPod touch ke Ubuntu, maka secara otomatis Ubuntu akan me-mountnya pada /var/mobile/Media Baca juga tentang file system iOS sehingga kita bisa mememanfaatkannya sebagai media penyimpanan biasa layaknya flashdisk.

Namun, ada beberapa masalah yang sering ditemui pada saat mengubungkan iPhone, iPad atau iPod touch dengan Ubuntu, misalnya:

  1. iPhone/iPad/iPod touch tidak otomatis ter-mount pada saat dihubungkan,
  2. Muncul pesan error seperti:
    Unable to mount iPhone_ org.freedesktop.DBus.Error.NoReply DBus error: MESSAGE DID NOT RECEIVE A REPLY (TIMEOUT MESSAGE BY BUS)
  3. iPhone/iPad/iPod touch sudah ter-mount dan direktori /var/mobile/Media bisa diakses tetapi data-data di dalamnya tidak bisa diedit karena bersifat read-only

Bagaimana cara mengatasi masalah di atas? Untuk yang ke-1 dan ke-2 Anda bisa mengikuti cara ini:

  • Buka Terminal
  • Jalankan perintah di bawah ini secara berurutan:
  • Restart Ubuntu dan cek kembali apakah iPhone/iPad/iPod touch Anda sudah ter-mount secara otomatis.

Untuk masalah yang ke-3, Anda harus menginstall sebuah library yang disebut hfsplus. hfsplus adalah sebuah library yang akan memungkinkan user untuk mengakses file system HFS (Hierarchical File System), yaitu file system yang umum digunakan pada perangkat mobile milik Apple.

Anda bisa menginstall hfsplus dengan tiga cara, yaitu:

  1. Dari Ubuntu Software Center,
  2. Dari Synaptic Package Manager
  3. atau dari Terminal dengan menjalankan perintah ini:

Setelah menginstall hfsplus, restart Ubuntu lalu hubungkan kembali perangkat Anda untuk mengecek apakah data-data dalam direktori /var/mobile/Media sudah bisa diedit atau belum.

Sumber:
[LFFL]