Cyder 2 (versi terbaru dari Cyder) adalah sebuah program yang berguna untuk mengelola (paket-paket) Cydia langsung dari komputer. Cyder 2 bisa digunakan untuk mendownload/mengupdate aplikasi Cydia, menambahkan source, dan bahkan kita bisa melakukan sinkronisasi langsung dari iDevice (iPhone/iPad/iPod touch) ke komputer.

Cyder 2 sangat berguna terutama bagi pemilik iPod touch/iPad wifi yang tidak punya koneksi wifi, atau pengguna iPhone yang tinggal di daerah yang sinyal GSM nya sangat buruk.

Menggunakan Cyder 2

Persyaratan:

  • iDevice yang telah dijailbreak. Kalau perangkat Anda belum dijailbreak, Anda bisa menjailbreaknya dengan tutorial yang ada di sini.
  • Kabel data buat iDevice
  • Koneksi internet pada pada komputer Anda
  • Komputer Anda sudah terinstall iTunes. Kalau belum menginstall iTunes Anda bisa mendownloadnya langsung dari halaman ini
  • Program Cyder 2, Anda bisa mendownloadnya dari halaman Downloads (bagian Utilities)
  • Program file manager yang bisa membaca file system iOS (opsional), misalnya iPhone Explorer, iFunbox, iTools, dll. Anda bisa mendownloadnya di halaman Downloads.

Cara menggunakan:

  • Colok iDevice Anda ke komputer
  • Jalankan program Cyder 2

Cyder logo

Menu pada Cyder 2

Saat Cyder 2 dijalankan pertama kali, Anda akan melihat 5 buah tab utama, yaitu Sources, Packages, Downloads, File Manager dan Settings.

Sources

Sources berisi alamat source dari Cydia (repositori). Jika Anda mendownload Cyder 2 dari halaman ini maka akan ada 7 buah link source. Jika Anda mendownload Cyder 2 dari tempat lain dan tidak menemukan link source pada tab Source ini- Anda perlu meng-klik tombol Get sources from Cydia untuk mendownload link source langsung dari server Cydia.

Cyder - Sources

Saat menjalankan Cyder 2 untuk pertama kali, Anda perlu melakukan refresh untuk memperbarui database dari link source tersebut. Ini berguna agar Cyder 2 dapat menampilkan aplikasi Cydia terbaru/terupdate. Untuk merefresh source caranya adalah klik-kanan dan pilih Refresh all.

Packages

Packages (paket) menampilkan paket-paket yang tersedia dari source Cydia. Anda bisa menelusuri semua paket-paket Cydia selama itu tersedia di source yang sebelumnya sudah ditambahkan ke Sources.

Cyder - Packages
Panel kiri menampilkan paket-paket yang tersedia di source, sedangkan panel kanan menampilkan informasi dari paket yang dipilih/di-klik.

Saat Anda mengklik salah satu paket, misalnya iFile maka panel kanan akan menampilkan informasi dari iFile misalnya nama file, versi, ukuran file, pencipta, serta menampilkan dependensi dari iFile. Dependensi (dependencies) adalah paket tambahan yang harus didownload selain paket utama. Saat Anda mendownload sebuah aplikasi, sebaiknya Anda juga mendownload dependensi-nya. Aplikasi yang kekurangan dependensi biasanya tidak akan berjalan normal atau bahkan menyebabkan crash.

Untuk mendownload sebuah aplikasi/paket beserta dependensinya caranya adalah klik-kanan pada paket yang ingin di download kemudian pilih Download with dependencies.

Catatan:
Aplikasi Cydia sama-dengan paket, tetapi paket belum-tentu aplikasi. Dependensi juga termasuk sebuah paket.

Downloads

Downloads menampilkan paket apa saja yang telah berhasil didownload. Setiap aplikasi bisa saja memerlukan 2-3 dependensi, oleh karena itu jangan kaget kalau misalnya Anda mendownload satu aplikasi tapi di tab Download terdapat banyak paket pengikutnya (dependensinya).

Cyder - Downloads
Paket yang berhasil terdownload dengan sempurna akan memiliki ikon kotak warna coklat, sedangkan paket yang belum di download akan berwarna abu-abu. Paket dengan warna biru/tanda panah berarti sedang dalam proses download.

File Manager

File Manager berguna untuk mengelola paket-paket yang sudah terdownload. Pada tab ini akan tampil dua buah panel, yaitu kiri dan kanan.

Cyder - File Manager

Panel kiri adalah Cydia cache yaitu lokasi paket-paket yang sudah terdownload, dan panel kanan adalah Mobile Device. Dibagian Mobile Device ada tab Cydia AutoInstall yang berguna untuk melakukan instalasi paket secara otomatis ke iDevice. Kalau Anda ingin menginstall paket-paket yang sudah terdownload secara otomatis ke iDevice Anda, cukup klik-kanan (atau langsung saja drag) pada paket yang mau diinstall dan pilih Copy selected packages to Cydia AutoInstall.

Setelah Anda memasukkan paket-paket ke menu Cydia AutoInstall selanjutnya adalah merestart iDevice. Sebelum itu putuskan dulu sambungan kabel iDevice ke PC, kemudian tutup Cyder 2 kalau tidak digunakan lagi. Setelah iDevicenya sudah kembali menyala langkah terakhir adalah me-respring iDevice. Kemudian cek apakah paketnya sudah muncul di homescreen, kalau belum coba ulangi respring.

Settings

Menu Settings ini tidak terlalu penting, dan kebanyakan orang jarang mengaksesnya. Untuk itu saya sarankan jauhi saja menu ini, jangan mengubah settingan kalau Anda tidak mengerti gunanya.

Tambahan:
Saat Anda mengekstrak file Cyder 2 hasil download-an, akan terbentuk sebuah folder baru bernama Cyder2. Di dalam folder Cyder2 tersebut terdapat beberapa file dan folder:

Cyder files
File Cyder2.exe : Adalah program utama.
Folder archives : Adalah folder yang menyimpan semua paket-paket hasil download.
Folder sources.list.d : Adalah folder yang menyimpan semua source yang dimasukkan ke Cyder 2.

Semua paket di dalam folder archives mempunyai ekstensi .deb

*** Selamat mencoba ***

Sumber:
[iFans]

Update:
Yang memiliki masalah dengan koneksi iDevice dengan Cyder 2, Anda bisa mengikuti trik ini.