Masalah backlight pada Ubuntu 11.10

Brightness settings
Sewaktu pertama kali mencoba Ubuntu 11.10 beta beberapa hari yang lalu saya sempat mendapat masalah ketika akan login ke Ubuntu. Layar alias backlightnya tiba-tiba mati seperti brightness yang disetting ke level terendah. Bug ini muncul tepat setelah plymouth aktif sampai ke login screen. Karena pemakai Ubuntu 11.10 waktu itu masih sedikit jadi kemungkinan untuk menemukan orang yang mengalami hal sama sangat kecil.

Tapi untungnya saya sampai ke Launchpad dan ternyata betul, bug ini sudah dikonfirmasi karena sudah ada 3 orang yang melaporkannya, dan saya orang ke-4 yang melapor 😉
Jika Anda punya masalah yang sama segeralah melapor ke sini agar patch untuk bug ini segera dirilis.
Untuk solusi sementara menangani bug ini adalah dengan menambahkan parameter boot pada GRUB.

  1. Buka Terminal, jalankan perintah berikut ini:
  2. gksudo gedit /etc/default/grub

    Cari baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT kemudian tambahkan baris acpi_backlight=vendor setelah quiet splash, seperti ini:
    GRUB

  3. Setelah itu Save filenya kemudian Close.
  4. Buka Terminal lagi dan jalankan:
  5. sudo update-grub
  6. Terakhir, Reboot komputer Anda untuk mengecek apakah tips ini berhasil atau tidak.

  7. Saya sendiri sudah mencoba cara ini dan berhasil pada laptop saya (Acer Aspire 4736Z). Selain menormalkan backlight, tips ini juga menormalkan tombol untuk mengatur kecerahan/brightness Fn / Fn yang sebelumnya tidak berfungsi.
    Sumber:
    [Launchpad]

11 Replies to “Masalah backlight pada Ubuntu 11.10”

  1. yg mau saya tanyakan pada saat booting dari liveCD di acer 4736z  monitor gelap tidak tampak apapun, terus bgmn caranya (TIDAK TAMPAK TULISAN TRY UBUNTU MAUPUN INSTALL UBUNTU)

    1. Live CD Ubuntu versi berapa? Saya juga pengguna Aver 4736Z. Masalah monitor yang redup hanya muncul pada saat setelah di install, kalau masih dalam mode liveCD sih gak masalah.
      Sudah coba mengatur brightness nya dari tombol Fn + –> atau Fn + <– ? 

  2. yg mau saya tanyakan pada saat booting dari liveCD di acer 4736z  monitor gelap tidak tampak apapun, terus bgmn caranya (TIDAK TAMPAK TULISAN TRY UBUNTU MAUPUN INSTALL UBUNTU)

  3. maaf kelupaan ubuntu 11.10 padahal pakai ubuntu 10.04 tidak ada masalah sama sekali baik itu live CD maupun install.
    saya coba dulu tipsnya thx

  4. maaf kelupaan ubuntu 11.10 padahal pakai ubuntu 10.04 tidak ada masalah sama sekali baik itu live CD maupun install.
    saya coba dulu tipsnya thx

  5. pak iVan, pertama saya coba boot liveCD dengan menekan shift maka muncul pilihan boot klasik kemudian tekan F6 pilih “nomodeser” bisa masuk tapi tampilannya besar2. yang kedua seperti langkah pertama tanpa memilih apapun memilih apapun tapi menambah “acpi_backlight=vendor”pada akhir dari tulisan quiet splash ternyata bisa. Sekarang permasalahannya apa benar kartu vga-nya tidak dikenal ubuntu 11.10 ?terimakasih atas ilmunya.

  6. pak iVan, pertama saya coba boot liveCD dengan menekan shift maka muncul pilihan boot klasik kemudian tekan F6 pilih “nomodeser” bisa masuk tapi tampilannya besar2. yang kedua seperti langkah pertama tanpa memilih apapun memilih apapun tapi menambah “acpi_backlight=vendor”pada akhir dari tulisan quiet splash ternyata bisa. Sekarang permasalahannya apa benar kartu vga-nya tidak dikenal ubuntu 11.10 ?terimakasih atas ilmunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *