Scott Forstall
Setelah Steve Jobs pergi, Apple kini sedang dipimpin oleh beberapa orang eksekutif yang menjadi kunci perusahaan. Salah satu yang paling penting adalah Scott Forstall. Scott Forstall adalah orang yang bertanggung jawab atas iOS, sistem operasi mobile milik Apple yang memperkuat iPhone, iPad dan iPod touch. Jadi jika Anda adalah pemilik iDevice maka Anda harus mengenal orang ini.

Berikut ini adalah beberapa kutipan dari profil Scott Forstall yang diperoleh dari Bloomberg BusinessWeek.

  • Kakak laki-laki Scott Forstall yang bernama Bruce adalah seorang insinyur dibidang desain perangkat lunak di Mircrosoft selama 20 tahun.
  • Menurut Andy Miller, Scott adalah orang yang sangat mirip dengan Steve (Jobs).
  • Salah satu “orang dalam” mengatakan bahwa Scott memiliki hubungan yang kurang baik dengan anggota tim eksekutif lain -termasuk Jony Ive dan Bob Mansfield, katanya mereka tidak akan meeting bersama kecuali Tim Cook hadir sebagai peace-maker.
  • Scott mempunyai mobil Mercedes-Benz SL55 AMG warna silver, mobil yang sama yang dimiliki oleh Steve Jobs. Dan seperti Steve, Scott juga sering memakai jeans, sweater hitam dan sepatu hitam.
  • Scott adalah salah satu kekuatan pendorong dibelakang Apple pada saat Apple mengakuisisi Siri dan Quattro.
  • Para tim iOS sering merindukan acara “beer bashes” yang biasa dirayakan Apple pada Jumat malam, itu karena meraka sedang coding (menyusun kode-kode program).
  • Scott lulus SMA dengan nilai sempurna 4.0. Istrinya juga seorang lulusan yang mendapat nilai sempurna 4.0. Menurut sebuah artikel yang dimuat disalah satu koran lokal, cita-cita Scott adalah menjadi seorang desainer peralatan elektronik berteknologi tinggi.
  • Setelah lulus SMA Scott melanjutkan kuliah ke Stanford University dan mendapat gelar sarjana dalam symbolic systems, yaitu sebuah departemen yang menggabungkan filsafat, linguistik, dan ilmu komputer, dan kemudian mendapat gelar master dalam ilmu komputer.
  • Lulus dari Stanford pada tahun 1992, ia lalu bergabung dengan NeXT Computer. Kemudian Apple membeli NeXT pada tahun 1996 dan Scott pun ikut bekerja untuk Apple. Scott Forstall adalah orang yang mendesain Aqua (user interface pada Mac OS X).
  • Pada saat iOS baru akan didesain, Apple mengadakan semacam kompetisi untuk menentukan siapa yang akan mendesain sebuah perangkat lunak mobile (nantinya menjadi iOS). Pada saat itu ada divisi Mac dan divisi iPod. Rupanya divisi Mac yang dipimpin oleh Scott yang menang, dan setelah itu Tony Fadell (pemimpin divisi iPod) keluar dari Apple, dan Scott yang harus disalahkan karena kejadian itu.
  • Mantan bos iAds, Andy Miller mengatakan bahwa Scott mirip dengan steve Jobs, ketika ia mengetakan sesuatu maka semua orang akan mendengarkan.
  • Scott Forstall hanya menyimpan catatan dari iPhone miliknya.

Update:

Scott Forstall juga mempunyai sebuah akun Twitter @forstall, dengan 56 ribu follower, mem-follow 1 orang (@ConanOBrien) tetapi belum pernah menulis tweet satupun hingga saat ini.

Jika ingin membaca cerita tentang Scott selengkapnya Anda bisa ke halaman Businessweek.com