Semi tethered jailbreak untuk iOS 5

Bagi Anda yang masih setia dengan tethered jailbreak untuk iOS 5 kini bisa sedikit lega, karena SemiTether telah dirilis. Apa itu SemiTether? SemiTether adalah sebuah tweaks dari Cydia yang akan membuat iDevice Anda menjadi semi tethered.
SemiTether akan membuat iDevice Anda serasa menjalankan untethered jailbreak yang sebenarnya masih tethered.

Tethered dan untethered jailbreak

Dengan dirilisnya iOS 5 yang penuh dengan fitur-fitur baru membuat banyak orang ingin segera mencobanya. Kesempatan mengupgrade ke iOS 5 ini pun tidak disia-siakan oleh sebagian besar orang apalagi karena jailbreak untuk iOS 5 sudah dirilis, bahkan jauh sebelum versi finalnya dirilis resmi.
Banyak orang-orang yang masih awan dengan dunia jailbreak tidak mengerti tentang kondisi jailbreak seperti tethered dan untethered. Yang jelas, begitu jailbreak tersedia mereka langsung main jailbreak, tethered atau untethered itu urusan belakangan.
Dengan kondisi jailbreak yang masih tethered selama beberapa bulan, banyak orang yang mengeluh dan tidak sabar agar untethered jailbreak segera dirilis, padahal developer jailbreak saat ini sedang bekerja keras. Bahkan i0n1c sekarang sudah mempunyai 66ribu follower yang sebagian besar adalah “pengemis jailbreak”:

Apa keuntungan dari SemiTether?

Nah, dengan kondisi ini dibuatlah SemiTether, yang akan membantu para jailbreaker untuk menggunakan iDevice mereka selama masih dalam status tethered.
Seperti yang sudah sering dijelaskan, satu kekurangan utama dari jailbreak tethered adalah tidak boleh di restart, kecuali Anda sedang berada dekat dengan komputer. Jika seandainya iDevice Anda mati karena kehabisa baterai atau secara tidak sengaja direstart maka begitu iDevice Anda dinyalakan Anda hanya akan melihat logo Apple saja. Inilah yang disebut dengan tethered jailbreak.

Bagaimana cara kerja SemiTether?

SemiTether menghilangkan kewajibah “boot tethered” pada iDevice, sehingga Anda bebas mematikan dan menyalakan iDevice Anda dengan aman, tanpa takut tersangkut di logo Apple.
Akan tetapi, walaupun Anda bebas merestart sesuka hati tetapi ada beberapa fungsi dari iDevice Anda yang akan non-aktif, misalnya Safari, aplikasi-aplikasi Cydia, dan juga Mail. Tapi, fungsi yang non-aktif ini hanya bersifat sementara, semua fungsinya akan kembali normal jika Anda menjalankan boot tethered (misalnya dari redsn0w).
Kabar baiknya adalah Anda masih bisa menggunakan fitur paling penting dari iPhone Anda, yaitu telepon dan SMS.
Berikut ini adalah kondisi dari semi tethered jailbreak:

  • Bisa – Telepon dan SMS.
  • Bisa – menjalankan semua aplikasi dari App Store.
  • Bisa – Menjalankan browser selain Safari.
  • Tidak bisa – browsing dari Safari.
  • Tidak bisa – menjalankan aplikasi-aplikasi Cydia
  • Tidak bisa – menjalankan aplikasi Mail.

Beberapa efek samping lainnya:

  • Waktu yang diperlukan untuk reboot menjadi lebih lama, dan juga akan respring beberapa kali.
  • Menurut Saurik, masih ada masalah dengan proses me-reload daemon.

Instalasi SemiTether

Untuk menginstall SemiTether:

  • Jalankan Cydia,
  • Tambahkan repository baru:
  • http://thebigboss.org/semitether
  • Pada Cydia, masuk ke menu Search dan cari SemiTether, lalu install.

Tutorial lengkap (EN) bisa Anda baca di sini.
Update: Sudah ada updatean terbaru dari SemiTether oleh BigBoss.

Big update to semitethered jailbreak today. v0.9.1 incorporates Saurik’s new mobile substrate. Thanks to Saurik, we are entirely rid of all the daemon patching – this means there’s no more daemon patching or restarting. Most the semi-tether work is now done by mobile substrate. The semitether package from the repository now protects your iOS 5 notification center plugins and gives you the option to patch mobile safari so that it will work on the non-jailbreak reboot mode. I’m still looking into patching mail, if possible.
Summary of changes:
1) Much more stable with new mobile substrate
2) Can patch safari so it works in the non-jailbreak reboot mode
3) App to monitor the status of your semitether and reapply. Check after cydia installs.
This new version will definitely solve all the flakiness problems we had in the past. However, be aware that this is a total rewrite of mobile substrate. Until this appears in a community source, you are beta testing so installing it is entirely at your own risk. As always, please report issues via email.
Also, with an update from MyWi author and Appsync team, we should be compatible with those, too.

Perhatian!: SemiTether masih dalam tahap beta, jadi mungkin masih banyak bug pada saat Anda menginstall SemiTether pada iDevice Anda

.
The BigBoss

0 Replies to “Semi tethered jailbreak untuk iOS 5”

  1. buat ios 4.3.5 ini support ga??
    ane punya ipod ios nya 4.3.5 masih takut upgrade ke ios 5
    kalo support apakah kelemahan nya sama??

    1. kalo iPod sudah jelas gak bisa sms dan nelpon. Menurut pembuatnya, semitether ini baru dicoba langsung pada iPhone 4 iOS 5: http://thebigboss.org/semitethered-jailbreak
      belum ada informasi yang resmi apakah support iOS 4.3.5 atau tidak.

  2. kira kira kapan ya untethered buat 4.3.5. kapan hari kan katanya kalo ios 5 resmi di rilis.. nih dah di rilis ampir 2 minggu jailbreak 4.3.5nya masih belum nongol.. hehehehehe…

    1. Iya, dulu jailbreakernya bilang untether untuk 4.3.5 dirilis setelah iOS 5 muncul, eh tau2 nya setelah iOS 5 muncul malah tambah banyak pekerjaan baru dan makin sibuk, terpaksa untethered 4.3.5 ditunda dulu.

      1. angen2 saya neh ya.. ios 5 dirilis.. untetherednya 4.3.5 di rilis juga.. adem deh ati.. eh malah pada fokus ama ios 5.. baik fitur ama jailbreak.. di kupas abis.. sementara ipad saya masih tethered mulu.. :(( malah semi pula yg di keluarin.. wekekekeke.. tapi tetep sabar menanti… :ngacir: takut yg punya jb marah.. 😀

        1. Hahaa.. saya juga awalnya berpikir begitu. Tapi kalau dipikir lebih lanjut, mereka (jailbreaker) pasti kerjanya berat:
          pikirkan nasib pengguna 4.3.5,
          harus kerja extra di iOS 5,
          harus merilis unlock untuk support iOS 5,
          Apalagi salah satu veteran jailbreak (Comex) sudah bekerja di Apple :(.

          1. Salut buat Jailbreaker.. ngga butuh Rp. $.. sepeserpun.. tapi kenapa yah untether 4.3.5 masih di tahan 😀 (tetep ngarep) mungkin exploitnya sama kali yah ama ios 5 jadi biar nanti ios 5.1 masih bisa di JB. tapi katanya ios 5 untether juga udah di ke”cover”. katanya seh…

          2. Kalau masalah apakah exploit pada 4.3.5 sama dengan 5.0 saya rasa tidak juga.
            untether 4.3.5 (katanya) sudah ada bahkan waktu iOS 5 masih beta, dan katanya akan dirilis nanti kalau iOS 5 sudah final. Ini jelas tujuannya supaya iOS 5 final tidak menambal exploit pada 4.3.5. Enak dong, satu kali rilis bisa langsung nambal exploit :D.
            Tapi untuk iOS 5, yang katanya sudah di “cover” itu (menurut i0n1c) baru ada sejak iOS 5 sudah final rilis. Ini bisa berarti kalau exploit 4.3.5 dan 5.0 itu berbeda.
            Biasanya kalau suatu jailbreak bisa digunakan pada iOS yang terbaru, maka pasti bisa juga untuk iOS dibawahnya, nah dari sini bisa ada 2 kemungkinan:
            1. Para jailbreaker (termasuk Dev Team dan Chronic Team) sudah menemukan untether untuk 4.3.5 dan 5.0, tapi lebih fokus ke 5.0 karena jailbreak untether 5.0 juga cocok untuk 4.3.5, makanya perilisan untether 4.3.5 diperlambat. Atau,
            2. Exploit untuk 4.3.5 dan 5.0 berbeda, tetap pada jailbreaker mencari cara untuk menyatukannya supaya bisa cocok untuk kedua iOS, sedangkan exploit yang masih rahasia tetap disimpan biar bisa meng-untethered jailbreak selanjutnya.
            Mungkin exploit yang baru ini akan menjadi penerus exploit limera1n yang legendaris itu.

          3. Mantep pemikirin lu bang.. hehehehe… kali aja kalo emang penerus limera1n bisa untuk 2 ios.. hohohoho.. nangis darah tim cook.. 😀

  3. mas ivan kayanya JB semi Tether aplikasi cydia memang non aktif setelah di reboot tapi untuk safari msh aktif…..sebelum kt booting dg redsnow…cmiiw

      1. ok setuju mas bro, sy udh JB Semi Tether, setelah booting cydia off, namun safari msh bs……………………tq infonya mas bro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *