Tombol shutdown/restart di GNOME Shell

GNOME Shell user menu
Saat pertama kali menggunakan GNOME Shell di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot saya tidak menemukan di mana tombol Shutdown atau Restart. Setahu saya, kebiasaan GNOME pasti menaruh kedua tombol tersebut pada menu user yang ada dipanel atas, tapi ternyata tidak.
Tapi, cara mematikan komputer bukan hanya dari menu user atau tombol Shutdown saja, kita masih bisa mengandalkan Terminal untuk menjalankan perintah reboot atau halt. Tapi bagaimana dengan pengguna baru yang belum mengenal perintah-perintah di Terminal?

Ternyata trik nya cukup mudah. Anda tidak perlu membuka Terminal untuk melakukan Shutdown atau Restart karena sebenarnya kedua menu tersebut sudah ada, tapi tersembunyi :).
Untuk menemukan tombol Shutdown dan Restart caranya adalah:

  • Klik username Anda (disebut juga user menu) yang ada di panel atas-kanan.
  • Setelah menu nya muncul, tekan tombol Alt pada keyboard Anda maka menu Suspend akan berubah menjadi Power Off.
  • Klik tombol Power Off ini untuk Shutdown atau Restart.

Cara ini lebih simple daripada harus menginstall gnome-shell extension :).
Sumber:
[Ubuntu Guide]
Gambar:
http://gnomeshell.wordpress.com/

3 Replies to “Tombol shutdown/restart di GNOME Shell”

  1. saya menggunakan sabily uhud (turunan ubuntu 11.10), komputer saya digunakan banyak orang, jadi ada cara lain ga, buat merubah tombol suspend menjadi shutdown secara permanent? thx b4

  2. saya menggunakan sabily uhud (turunan ubuntu 11.10), komputer saya digunakan banyak orang, jadi ada cara lain ga, buat merubah tombol suspend menjadi shutdown secara permanent? thx b4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *