Linux Mint vs. Ubuntu
DistroWatch, yang merupakan situs yang menyediakan berita terbaru, komparasi, dan menampilkan popularitas dari berbagai macam distro Linux (dan juga sistem operasi non-Linux lainnya) kini menempatkan Linux Mint sebagai distro paling populer, dibanding Ubuntu.

Berdasarkan data, popularitas Ubuntu dan Linux Mint:

DistroWatch

12 bulan terakhir

DistroWatch

6 bulan terakhir

DistroWatch

1 bulan terakhir

DistroWatch

7 hari terakhir

Kalau dilihat dari grafik di atas, Ubuntu masih bertahan sebagai distro terpopuler pada 12 bulan terakhir, namun setelah itu popularitas Linux Mint terus naik dan menjadi peringkat pertama.

Mengapa ini bisa terjadi? Apakah user lebih memilih Linux Mint dibanding Ubuntu? Apakah user menghindari Unity dan Ubuntu? Belum ada kepastian tentang ini sebenarnya, karena orang-orang disekitar saya masih setia menggunakan Ubuntu, bahkan ada beberapa yang tertarik menggunakan Ubuntu karena Unity-nya.

Tapi bagaimana dengan user lain yang sudah bertahun-tahun menggunakan Ubuntu? Beberapa user Reddit berkomentar, mereka merasa penurunan popularitas Ubuntu ini sudah bisa di ramalkan sebelumnya. Penyebabnya? Unity.

Berikut beberapa komentar:

SpacedAlien:

I think it’s pretty obvious why this is happening.

lnxsux:

Unity

statt0:

This has been happening for a while. Newbies who don’t like the interface change ask others if there’s any distro that’s just like Ubuntu but has a similar UI to old Ubuntu. The obvious answer is Mint (actually I suppose the obvious answer is Debian, but that’s more work to get set up right for a begginer).

Bagaimana menurut Anda? Apakah DistroWatch bisa dijadikan representative dalam mengukur jumlah pengguna Ubuntu atau Linux Mint?

Sumber:
[Reddit]