Ubuntu plymouth
Beberapa hari yang lalu, seorang teman saya yang baru saja menginstall Ubuntu 11.10 di laptopnya mendapat masalah saat ingin men-shutdown komputernya. Masalah yang dialaminya seperti ini; saat di shutdown ataupun restart/reboot semua menu dan jendela program menghilang, tapi nyangkut di logo Ubuntu (plymouth), begitu seterusnya sehingga laptopnya terpaksa di hard shutdown (shutdown paksa dari tombol power).

Selain menggunakan metode shutdown dari menu shutdown, ternyata shudown dari Terminal menggunakan perintah shutdown -h juga tidak berhasil memecahkan masalah ini.

Ternyata penyebab dari masalah ini adalah karena ada driver wireless yang tidak cocok yang menghalangi proses shutdown/restart, dan ini biasa terjadi pada laptop dengan wireless Realtek.

Bagi Anda yang merasa punya masalah yang sama, periksa dulu apa hardware wireless Anda. Kalau sama menggunakan Realtek maka Anda bisa mengikuti tips berikut ini, tapi kalau bukan Realtek maka mungkin penyebab masalah Anda lain dengan yang dialami teman saya.

Untuk mengeceknya, jalankan perintah ini di Terminal:

Kalau sudah tertera Realtek, langsung saja ke tahap selanjutnya:

Selanjutnya, driver yang tidak cocok tersebut kita masukkan ke daftar blacklist:

Kemudian, lakukan hard shutdown yaitu dengan cara tekan tombol power sampai laptop Anda mati. Tenang saja, kalau cara di atas berhasil, ini terakhir kalinya Anda melakukan hard shutdown.

Nyalakan kembali laptop Anda, dan coba restart/shutdown. Kalau prosesnya lancar dan tidak nyangkut lagi di animasi plymouth itu artinya tips di atas berhasil.

Tips di atas sudah saya coba sendiri dan berhasil pada laptop teman saya Acer Aspire 4730Z.

Sumber:
[Ubuntu Forums]