MacBuntu

MacBuntu

Macbuntu adalah sebuah program, atau yang lebih tepat disebut sebagai transformation pack yaitu sekumpulan program/komponen yang mengubah tampilan Ubuntu biasa menjadi mirip dengan Mac OS X. Macbuntu saat ini tersedia untuk Ubuntu 10.04 Lucid Lynx dan Ubuntu 10.10 Maveric Meerkat saja, untuk Ubuntu versi di atasnya harus menginstall komponen tema secara manual.

Macbuntu terdiri dari beberapa komponen, tapi dengan menggunakan sebuah script maka setiap komponen tersebut bisa terinstall secara otomatis di Ubuntu sehingga memudahkan bagi user. Namun sayangnya, beberapa user menemui kesulitan ketika ingin menghapus tema Macbuntu ini dari Ubuntu nya.

Banyak orang yang mengeluh kalau tema Macbuntu ini sulit untuk di hapus/uninstall. Walaupun sudah dihapus secara manual, beberapa elemen desktop seperti ikon tetap tidak mau kembali ke default. Tentu ini sangat menggangu apabila user sudah bosan dengan Macbuntu dan ingin menggunakan tema yang lain.

Sebenarnya pada file Macbuntu sudah disediakan dua buah script, yaitu untuk instalasi dan untuk penghapusan instalasi (uninstall). Untuk menginstallnya cukup dengan mengeksekusi script install.sh, sedangkan untuk menghapusnya kita harus mengeksekusi script uninstall.sh. Nah, masalah yang paling sering ditemukan adalah adanya pesan kesalahan pada saat mengeksekusi script uninstall.sh ini, misalnya:

Kalau pesan seperti di atas muncul pada Terminal, itu artinya proses uninstall gagal dilakukan. Lalu bagaimana caranya untuk menghapus Macbuntu secara total?

Ikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke direktori Macbuntu (Macbuntu-10.10 atau Macbuntu 10.04)
  • Buka file uninstall.sh dengan text editor
  • Berikan komentar (tanda #) pada bagian awal setiap baris yang dimulai dengan chk_user() dan chk_version()
  • Jalankan kembali script uninstall.sh untuk melanjutkan proses uninstall

Kalau Anda masih belum berhasil, coba tanyakan di sini.