Apple haters

Sangat mudah bagi kita untuk menyukai sebuah produk, apalagi kalau produk tersebut dibuat oleh salah satu brand atau perusahaan paling inovatif. Tapi, munculnya fans juga sering diimbangi dengan munculnya kelompok-kelompok pembenci/haters dari brand/perusahaan tersebut. Inilah yang terjadi pada Apple/Steve Jobs. Buku biografi resmi Steve Jobs (Steve Jobs by Walter Isaacson) yang menjadi The Best Selling Book Of 2011 For Amazon menjadi sasaran bagi komunitas pembenci tersebut.

Steve Jobs Bio
Secara tidak mengejutkan, rating untuk buku biografi ini hanya mendapat 3 dari 5 bintang di Android Market dari 2340 review. Padahal, di iTunes Store buku ini mendapat rating 4,5 dari 10281 review (di Amazon buku ini mendapat rating 4,2 dari 728 orang yang mereview). Mengapa buku biografi dari seseorang (yang sudah dikenal) bisa mendapatkan rating yang berbeda? Apakah karena dua komunitas tersebut (Apple & Android) menggunakan produk yang berbeda? Untuk mencari alasan mengapa buku ini bisa mendapat rating yang rendah dari komunitas yang ada di Android Market, kolom komentar nya ternyata mempunyai jawabannya.

“Poor poor poor. Why bother? Reading about a guy that makes crappy products that sheep buy”
“Irony – Buy steve jobs rancid lifestory on ur android phone haha”
“Crap – Get out of the android market. Most over rated book ever”

Steve Jobs Bio

“Gay – When computers did nothing useful the was apple!”
“So overrated. And just like everything apple makes, this book is overpriced junk”
“Rated c for crap”
“Crap – About a boring greedy prick nuff said”

Ya, mendapatkan rating rendah itu sangat mudah, apalagi kalau berada disarang para haters :D. Terkadang orang menyukai suatu produk karena mereka betul-betul menyukai produk tersebut. Terkadang pula orang dapat menyukai suatu produk hanya karena mereka secara membabi buta membenci lawan atau saingan dari produk yang mereka miliki tersebut.
Apple haters

Catatan:
Sayang sekali, link dari buku biografi Steve Jobs sudah dihapus oleh Google.