Appbuntu web apps
Web apps adalah sebuah aplikasi yang berjalan di dalam browser dan memiliki user interface yang interaktif, misalnya games, photo editor, pemutar video, dan lainnya. Selain apps ada juga yang namanya extension (atau pada Firefox dikenal dengan Add-Ons). (Web) apps berbeda dengan extension, extension mirip dengan apps tapi tidak memiliki user interface dan lebih fokus ke fiturnya.

Nah, kebanyakan web apps yang beredar di Chrome Web Store hanyalah berupa bookmark, yaitu apps yang kalau di klik akan menuju ke suatu alamat web, dan biasanya tidak memiliki fitur khusus. Karena itu saya akan mencontohkan bagaimana cara membuat web apps sederhana dengan tipe bookmark.

Membuat web apps ini sangatlah mudah, yang Anda butuhkan adalah:

  • Aplikasi text editor. Kalau di Ubuntu bisa menggunakan GEdit yang sudah terinstall secara default, sedangkan di Windows bisa menggunakan Notepad++.
  • Sebuah ikon yang nantinya akan dijadikan ikon web apps Anda. Siapkan ukuran 128px.
  • Dan tentu saja, browser Google Chrome atau Chromium yang sudah terinstall.

Membuat Manifest

Pertama, buatlah sebuah folder yang nantinya akan berisi file-file apps Anda, anggap saja namanya Myapps. Kemudian di dalam folder Myapps ini buat sebuah file kosong, berikan nama manifest.json

Anda bisa saja mengganti name, description, urls, dan web_url sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memberi ikon

Kemudian tempatkan ikon yang sudah Anda siapkan kedalam folder Myapps. Ingat, ukurannya harus 128px (sesuai dengan yang tertulis dalam manifest.json).

Packing

Google Chrome developer mode

Jalankan Google Chrome, buka Options dan masuk ke menu Extensions. Beri centang pada Developer mode dan klik tombol Load unpacked extension…, lalu telusuri dan pilih folder Myapps sebagai root directory dari apps Anda.

Kalau berhasil, maka ikon apps akan langsung muncul pada daftar extensions seperti ini:

Chrome web apps

Tapi, apps yang Anda buat itu belum terinstall ke browser Anda, karena hanya di load dari folder Myapps tadi. Kalau Anda menghapus folder Myapps maka apps yang ada di browser juga akan menghilang. Untuk menginstalnya lansung Anda bisa mengklik tombol Pack extension… lalu pada bagian root directory klik tombol browse dan pilih lagi folder Myapps. Kalau berhasil, akan terbentuk sebuah file .crx. Drag file .crx ini ke Google Chrome atau Chromium untuk menginstalnya.

Sumber:
[Funsurf Blog]

Referensi:
[Google Labs]