Anda pasti sudah sering melihat atau mendownload tema untuk Ubuntu Anda. Dan kebanyakan tema yang Anda download itu mempunyai berlabel “GTK”, “Metacity”, dan “Emerald”. Sebenarnya apa perbedaan dari ketiga jenis tema ini?

GTK Themes

Metacity adalah window manager yang secara default digunakan pada GNOME (GNOME 3 sudah menggunakan Mutter). Yang muncul sebagai titlebar, tombol close, minimize, dan maximize di Ubuntu Anda adalah bagian dari Metacity. Jadi, Metacity theme adalah tema yang hanya mengubah tampilan titlebar dan tombol close,maximize,minimize saja, tidak mengubah tampilan secara keseluruhan.

GTK theme adalah tema keseluruhan dari GNOME. Mengubah tema GTK akan mengubah tampilan panel, tombol-tombol, check-box, kursor, dll. Kebanyakan tema GTK yang tersedia saat ini sudah menyertakan tema Metacity, sehingga tampilan GTK nya terlihat cocok/serasi dengan Metacity-nya.

Emerald theme pada dasarnya sama dengan Metacity theme, yaitu sebagai window manager. Emerald theme tidak tersedia secara default pada Ubuntu, untuk menggunakannya kita harus menginstalnya secara manual. Selain itu, Emerald juga tidak digunakan secara default, Emerald hanya aktif kalau Compiz yang digunakan sebagai window manager, bukan Metacity.

Gambar di atas adalah tampilan dari menu Appearance Preferences di Ubuntu yang berguna untuk mengubah tema secara keseluruhan. Memilih salah satu tema yang ada di Appearance Preferences akan mengubah GTK, Metacity, ikon, kursor dan kadang-kadang juga mengubah wallpaper background.