George Hotz

Bagi Anda yang baru saja bergabung dengan komunitas jailbreaking mungkin belum mengenal nama George Hotz alias Geohot. Geohot adalah seorang hacker yang berhasil meng-unlock iPhone pertama kali pada tahun 2008 yang pada saat itu adalah unlock berbasis hardware. Geohot juga yang merilis berbagai program jailbreak/unlock untuk versi-versi iOS sebelumnya, misalnya purplera1n, blacksn0w, dan limera1n. Dan yang tak kalah hebatnya, Geohot jugalah yang merilis jailbreak untuk Sony PS3, yang kemudian berakhir setelah Sony menuntuk Geohot. Yang jelas, Geohot adalah salah satu (menurut saya) anggota dari the real “Dream Team”.

Lama tak terdengar kabarnya, muncul berita bahwa Geohot telah bekerja di Facebook, yang berarti bahwa Geohot terpaksa memutuskan hubungan dengan komunitas jailbreak.

Nah, baru-baru ini muncul lagi berita bahwa Geohot sudah keluar dari Facebook. Business Insider lah yang melaporkan bahwa Geohot telah berhenti dari perusahaan milik Zuck tersebut. Geohot sempat terlihat pada hackathon, yaitu sebuah kompetisi yang diadakan oleh sebuah startup bernama Backplane yang pendirinya adalah Lady Gaga. Pada kompetisi itu Geohot membuat sebuah aplikasi yang menampilkan teman Facebook kita pada peta berdasarkan di mana lokasi mereka check-in. Tapi sayangnya, proyek aplikasi dari Geohot itu tidak memenangkan kontes.

Kira-kira, apakah dengan kaluarnya Geohot dari Facebook berarti Geohot akan kembali ke dunia jailbreaking iOS? Kita lihat saja nanti :D