Aspire One 722

Pembahasan kali ini bukanlah tentang proses instalasi Ubuntu pada netbook Acer Aspire One 722, tapi membahas tentang dua masalah utama yang sering muncul setelah instalasi Ubuntu.

Masalah yang sering muncul setelah selesai menginstal Ubuntu pada netnook jenis ini adalah:

  • Sistem menjadi hang/freeze setelah adapter Wif-Fi/Wireless diaktifkan
  • Muncul watermark unsupported hardware pada layar

Wi-Fi/Wireless

Ubuntu (Natty dan Oneiric) sebenarnya sudah kompatibel dengan wireless pada Acer Aspire One 722, tetapi karena adanya bug yang spesifik untuk jenis Aspire One 722 maka setiap kali wireless nya dinyalakan netbook akan hang/freeze. Kondisi ini bahkan sudah muncul saat mode LiveCD.

Setelah ditelusuri, bug ini berasal dari ethernet dan adapter wireless yang bentrok. Untungnya, solusi untuk bug ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengubah urutan boot pada settingan BIOS sehingga tidak akan terjadi bentrok lagi.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Reboot netbook
  • Masuk ke settingan BIOS dengan menekan F2 pada saat proses booting dimulai
  • Masuk ke tab Main, dan ubah Network Boot menjadi Enabled
  • Network boot enabled

  • Kemudian pindah ke tab Boot, ubah Boot priority order nya sehingga Network Boot menjadi urutan pertama.
  • Network boot first

  • Terakhir, tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi sekaligus mereboot netbook Anda.

Watermark pada Radeon HD6250

Ketika menginstal driver ATI Catalyst yang disarankan oleh Ubuntu, Anda akan mendapatkan watermark dilayar dengan tulisan AMD Unsupported Hardware.

Watermark ini cukup menganggu, dan untuk menghilangkannya Anda bisa menginstall driver ATI terbaru yang bisa Anda download langsund dari situs resmi ATI, atau Anda bisa juga menginstall driver versi Open Source yang sudah mendukung VGA ATI (2D dan 3D).

Kalau Anda sudah terlanjur menginstall driver proprietary dari Ubuntu, uninstall saja dan reboot netbook Anda. Kalau belum, Anda bisa mendownload dan install Ubuntu Tweak dari http://ubuntu-tweak.com/.

Dari Ubuntu Tweak, masuk ke Source Center dan cari source xorg-edgers fresh X crack dan beri tanda centang.
Ubuntu Tweak source

Selanjutnya masuk ke Synaptic dan lakukan update paket untuk menginstall driver open source ini. Setelah berhasil mengupdate, reboot netbook Anda dan rasakan perubahan yang terjadi.

Sumber:
[Bernaerts]