Jailbreak akan menjadi ilegal pada 2012

Jailbreaking iOS
Apakah Anda punya rencana untuk menjailbreak iDevice Anda dalam waktu dekat ini? Kalau ya, maka segeralah karena tidak lama lagi jailbreak akan menjadi ilegal (lagi) di Amerika Serikat.


Jailbreaking sebenarnya sudah dilegalkan oleh pemerintah Amerika Serikat sejak tahun 2010. Waktu itu Electronic Frontier Foundation (EFF) mengajukan proposal kepada Librarian of Congress agar jailbreaking/unlocking dilegalkan. Dan hasilnya adalah EFF menang terhadap DMCA. Kemudian DMCA membuat dua buah pengecualian atas tuntutan awalnya, di mana kedua pengecualian tersebut yang membuat jailbreaking/unlocking masih tetap legal hingga sekarang.

Akan tetapi, yang menjadi permasalahan sekarang adalah kedua pengecualian tersebut tidak bertahan selamanya, tapi akan expired pada 2012. Tentunya ini akan menjadi masalah bagi komunitas jailbreak kalau pengecualian ini tidak diperpanjang. Dan juga, seperti yang kita tahu bersama, perlawanan utama terhadap jailbreaking datang dari -tidak lain adalah dari Apple sendiri. Setelah masa expired nya sudah dekat, pasti Apple akan mengambil tindakan dan akan menutup kesempatan untuk tumbuhnya jailbreaking dimasa mendatang.
So, buat yang merasa masih membutuhkan jailbreak, sebaiknya Anda ikut bergabung dengan Electronic Frontier Foundation (EFF) untuk melakukan protes.


Anda bisa masuk ke situs ini dan mengisi form petisi perlawanan terhadap anti-jailbreak. Ini tidak terbatas pada penduduk negara Amerika Serikat saja, yang dari Indonesia pun bisa mengisi form nya.

Jailbreaking is helping to make technology better, more secure, and more flexible. Please defend the rights of users.

0 Replies to “Jailbreak akan menjadi ilegal pada 2012”

    1. Iya gan, dimohon kesediannya untuk mengisi petisi nya. Masalah dengan DMCA ini tidak sama dengan kasus SOPA PIPA kemarin. Kalau masalah SOPA PIPA itu berdampak langsung pada internet, jadi pasti penentangnya banyak. Sedangkan masalah jailbreak ini pasti lebih sedikit aktivisnya.
      Oh ya, thanks :). Sengaja ubah tampilan supaya waktu loadnya lebih cepat dan responsive terhadap layar kecil (tablet/smartphone).

  1. Salah apple, kenapa tidak memberikan fitur yang keren seperti yg bisa dibuat setelah dijailbreak, coba apple adakan lomba fitur dan tweak biar tau selera konsumen, biarlah aplikasi tetap berbayar toh tergantung dompet masing masing, tapi kalo untuk tweak pengolah fitur sapa yang jual ??? ayo coba pikirkan ! lagian apple tetap untung dengan adanya jailbreak semua kalangan dapat melihat kalo iphone bisa dibuat apa saja fiturnya sesuai selera dan akan update terus fiturnya, coba samsung dan merk lainnya mentok disitu situ ajakan, bosankan. memang sih kerugian pada gratisnya aplikasi yg seharusnya berbayar jadi gratis, tapi kami sendiri (pengguna jailbreak) takutkan adalah suatu saat para jailbreak hebat akan direkrut semua oleh apple, terus mau apalage, dan jgn heran nantinya penjualan iphone akan turun drastis. Kenapa ??? karna pengguna iphone bukan hanya dari kalangan menengah atas, tapi juga kalangan bawah walaupun mereka membeli second, kalo diamati, kan penjualan iphone sukses bukan hanya dari kualitas, tapi juga  berawal dari kemampuan iphone yang bisa membuat pemakai tidak bosan salah satunya bisa di jailbreak. sorri ngaco ngomongnya, tapi itulah gambaran apple dimasa datang.Terus solusinya, suruh para hacker patungan buat pabrik Iphone seperti apple…ciiakakakkkakakakak..!!

    1. Hahaha, menarik juga analisanya, apalagi di bagian “gambaran apple dimasa datang”. Sebenarnya masalah jailbreak ilegal atau tidak itu bukan hanya untuk Apple, tapi semua jenis perangkat mobile gadget, termasuk Android dan PS3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *