Jailbreaking iOS

Apakah Anda punya rencana untuk menjailbreak iDevice Anda dalam waktu dekat ini? Kalau ya, maka segeralah karena tidak lama lagi jailbreak akan menjadi ilegal (lagi) di Amerika Serikat.


Jailbreaking sebenarnya sudah dilegalkan oleh pemerintah Amerika Serikat sejak tahun 2010. Waktu itu Electronic Frontier Foundation (EFF) mengajukan proposal kepada Librarian of Congress agar jailbreaking/unlocking dilegalkan. Dan hasilnya adalah EFF menang terhadap DMCA. Kemudian DMCA membuat dua buah pengecualian atas tuntutan awalnya, di mana kedua pengecualian tersebut yang membuat jailbreaking/unlocking masih tetap legal hingga sekarang.

Akan tetapi, yang menjadi permasalahan sekarang adalah kedua pengecualian tersebut tidak bertahan selamanya, tapi akan expired pada 2012. Tentunya ini akan menjadi masalah bagi komunitas jailbreak kalau pengecualian ini tidak diperpanjang. Dan juga, seperti yang kita tahu bersama, perlawanan utama terhadap jailbreaking datang dari -tidak lain adalah dari Apple sendiri. Setelah masa expired nya sudah dekat, pasti Apple akan mengambil tindakan dan akan menutup kesempatan untuk tumbuhnya jailbreaking dimasa mendatang.

So, buat yang merasa masih membutuhkan jailbreak, sebaiknya Anda ikut bergabung dengan Electronic Frontier Foundation (EFF) untuk melakukan protes.


Anda bisa masuk ke situs ini dan mengisi form petisi perlawanan terhadap anti-jailbreak. Ini tidak terbatas pada penduduk negara Amerika Serikat saja, yang dari Indonesia pun bisa mengisi form nya.

Jailbreaking is helping to make technology better, more secure, and more flexible. Please defend the rights of users.