Cinject adalah salah satu dari tiga program yang akan dirilis untuk menjalankan jailbreak untethered untuk A5 devices. Dua diantaranya adalah Absinthe yang dibuat oleh Chronic Dev dan Redsn0w yang dibuat oleh Dev Team, yang sebentar lagi akan menyusul. Absinthe dan Redsn0w adalah program berbasis GUI, yaitu program dengan tampilan grafis. Sedangkan Cinject (Corona injector) adalah program yang berbasis CLI (command line), yaitu program yang dijalankan dari console dan berbasis teks, setiap perintah diketik langsung oleh pengguna.

Dev Team sengaja merilis versi cli lebih dulu dari pada yang versi GUI untuk meminimalisir bug kelemahan-kelemahan yang ada. Setelah semua bug (kelemahan program) bisa ditutupi, maka versi GUI nya akan segera dirilis. Versi GUI memang sudah dirilis, tetap yang tersedia saat ini hanya untuk Mac saja, versi Windows nya belum.

Nah, buat yang tidak sabar menunggu Absinthe atau Redsn0w versi Windows dirilis, silakan mencoba jailbreak menggunakan Cinject dari langkah-langkah berikut ini.

Perhatian:
Sebelum melakukan jailbreak, sebaiknya backup device Anda terlebih dahulu.

  1. Download Cinject dari sini.
  2. Simpanlah file hasil download tadi ke folder yang mudah Anda ingat, sebaiknya simpan ke drive C:\ .
  3. Ekstrak file hasil download ke komputer Anda (hasil ekstrak akan bernama cinject_0.4.3)
  4. Hubungkan device Anda ke komputer.
  5. Pada Windows 7, buka menu Start dan ketik “cmd”. Setelah cmd muncul pada hasil pencarian, klik-kanan dan pilih Run as Administrator.
  6. Kini cmd atau Command Prompt sudah terbuka, saatnya untuk menulis perintah untuk memulai jailbreak.
    Ketik perintah di bawah ini secara berurutan (tiap satu baris akhiri dengan menekan Enter ) :

    Setelah menjalankan perintah cinject.exe -i payloads/jailbreak.mobileconfig di atas, kalau muncul dialog Install Profile tap pada tombol Install. Kalau ada permintaan password biarkan saja kosong, langsung saja tap Next.

    Setelah men tap Next dan selesai menginstall profile, lanjutkan dengan mengetik perintah berikut ini:

  7. Begitu pesan yang berisi Warning dan notice sudah muncul pada Command Prompt, tap pada tombol General dan masuk ke pengaturan VPN (Settings > Network) dan aktifkan VPN.
  8. VPN Settings

  9. Setelah VPN di aktifkan maka beberapa saat kemudian akan muncul pesan kesalahan “A configuration error occurred.”, abaikan saja karena proses ini normal.

    Setelah beberapa saat kemudian device Anda akan restart sendiri dan pada jendela Command Prompt akan muncul banyak tulisan-tulisan berisi Warning dan notice.

    Kalau sudah muncul pesan Installing filemover… pada Command Prompt, ambil device Anda dan unlock (kalau sudah nyala kembali), Cydia akan muncul di homescreen device Anda.

Update:
Versi GUI dari Absinthe untuk Windows sudah dirilis, silakan download filenya dari sini dan ikuti tutorial dari halaman ini untuk jailbreaknya.

Perhatian!:
Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat Anda. Jika perangkat Anda bermasalah, tolong jangan menyalahkan saya, atau para developer jailbreak. Yang perlu Anda lakukan adalah posting masalah Anda di sini dan jelaskan secara rinci apa yang terjadi. Percayalah, selama kerusakan yang terjadi bukan pada hardware, perangkat Anda akan selalu bisa diperbaiki. Tapi, jika Anda mengikuti panduan di atas dengan hati-hati saya yakin tidak akan terjadi apa-apa pada perangkat Anda. Terima kasih.