Jailbreak iPad 2 iOS 5.0.1 untethered dengan cinject (Windows)

Cinject adalah salah satu dari tiga program yang akan dirilis untuk menjalankan jailbreak untethered untuk A5 devices. Dua diantaranya adalah Absinthe yang dibuat oleh Chronic Dev dan Redsn0w yang dibuat oleh Dev Team, yang sebentar lagi akan menyusul. Absinthe dan Redsn0w adalah program berbasis GUI, yaitu program dengan tampilan grafis. Sedangkan Cinject (Corona injector) adalah program yang berbasis CLI (command line), yaitu program yang dijalankan dari console dan berbasis teks, setiap perintah diketik langsung oleh pengguna.
Dev Team sengaja merilis versi cli lebih dulu dari pada yang versi GUI untuk meminimalisir bug kelemahan-kelemahan yang ada. Setelah semua bug (kelemahan program) bisa ditutupi, maka versi GUI nya akan segera dirilis. Versi GUI memang sudah dirilis, tetap yang tersedia saat ini hanya untuk Mac saja, versi Windows nya belum.
Nah, buat yang tidak sabar menunggu Absinthe atau Redsn0w versi Windows dirilis, silakan mencoba jailbreak menggunakan Cinject dari langkah-langkah berikut ini.

Perhatian:
Sebelum melakukan jailbreak, sebaiknya backup device Anda terlebih dahulu.

  1. Download Cinject dari sini.
  2. Simpanlah file hasil download tadi ke folder yang mudah Anda ingat, sebaiknya simpan ke drive C:\ .
  3. Ekstrak file hasil download ke komputer Anda (hasil ekstrak akan bernama cinject_0.4.3)
  4. Hubungkan device Anda ke komputer.
  5. Pada Windows 7, buka menu Start dan ketik “cmd”. Setelah cmd muncul pada hasil pencarian, klik-kanan dan pilih Run as Administrator.
  6. Kini cmd atau Command Prompt sudah terbuka, saatnya untuk menulis perintah untuk memulai jailbreak.
    Ketik perintah di bawah ini secara berurutan (tiap satu baris akhiri dengan menekan Enter ) :

    cd /
    cd cinject_0.4.3
    cinject.exe -i payloads/jailbreak.mobileconfig
    

    Setelah menjalankan perintah cinject.exe -i payloads/jailbreak.mobileconfig di atas, kalau muncul dialog Install Profile tap pada tombol Install. Kalau ada permintaan password biarkan saja kosong, langsung saja tap Next.
    Setelah men tap Next dan selesai menginstall profile, lanjutkan dengan mengetik perintah berikut ini:

    cinject.exe -j payloads
    cinject.exe -w
  7. Begitu pesan yang berisi Warning dan notice sudah muncul pada Command Prompt, tap pada tombol General dan masuk ke pengaturan VPN (Settings > Network) dan aktifkan VPN.
  8. VPN Settings

  9. Setelah VPN di aktifkan maka beberapa saat kemudian akan muncul pesan kesalahan “A configuration error occurred.”, abaikan saja karena proses ini normal.
    Setelah beberapa saat kemudian device Anda akan restart sendiri dan pada jendela Command Prompt akan muncul banyak tulisan-tulisan berisi Warning dan notice.
    Kalau sudah muncul pesan Installing filemover… pada Command Prompt, ambil device Anda dan unlock (kalau sudah nyala kembali), Cydia akan muncul di homescreen device Anda.

Update:
Versi GUI dari Absinthe untuk Windows sudah dirilis, silakan download filenya dari sini dan ikuti tutorial dari halaman ini untuk jailbreaknya.

Perhatian!:
Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat Anda. Jika perangkat Anda bermasalah, tolong jangan menyalahkan saya, atau para developer jailbreak. Yang perlu Anda lakukan adalah posting masalah Anda di sini dan jelaskan secara rinci apa yang terjadi. Percayalah, selama kerusakan yang terjadi bukan pada hardware, perangkat Anda akan selalu bisa diperbaiki. Tapi, jika Anda mengikuti panduan di atas dengan hati-hati saya yakin tidak akan terjadi apa-apa pada perangkat Anda. Terima kasih.

36 Replies to “Jailbreak iPad 2 iOS 5.0.1 untethered dengan cinject (Windows)”

      1. Mas ivan, sebelum iPad 2 (5.0.1) di JB, yang perlu d backup selain data dan shsh, apa lagi yang perlu d backup? Buat jaga2 biar bisa di restore.

    1. Coba install sebuah aplikasi gratis dari App Store atau Cydia, kalau masih belum bisa, timpa jailbreaknya dengan Absinthe versi 0.2 yang baru dirilis.

      1. Saya jual sering muncul icon putih, setelah restart, terkadang hilang atau normal lagi, nanti akan muncul icon putih lagi, malah gantian, terkadang icon music, appstore, imessage, email…

        1. Ya, kemarin juga setelah jailbreak ada ikon2 aneh warna putih yang muncul tiba2, misalnya iOS diagnotics, dll. Tapi setelah respring ikon nya hilang lagi (balik ke normal). Mungkin ini aplikasi default untuk tester di iDevice yang muncul tiba, tapi gak tau kenapa bisa seperti itu.
          Yang jelas, kalau ada apps yang keputihan tinggal direspring saja. Mungkin ini efek samping dari jailbreak absinthe. Maklum, absinthe kan tools baru, tidak seperti redsn0w yang sudah muncul duluan.

  1. iya bang,udah ada tulisan errornya tapi ngk restart device saya Ipad2
    3G.
    soalnya pas aku masukin command   cinject.exe -j payloads keluar kayak gini

    1. Awalnya gue jg gitu , tp stelah gue ikutin langkah dari vdeo yg d upload bang ivan akirnya bisaa reboot. lu ikutin persis aja

  2. bang pas saya nyoba ketik cd cinject_0.4.3
    dia malah keluar the system cannto find the path specified
    tolong bantuannya bang

        1. Kayaknya bermasalah dengan koneksi internetnya.
          Coba lakukan ini:
          1. Cabut simcard dan matikan iPad.
          2. Tunggu sekitar 10 detik, nyalakan iPad kembali.
          3. Masukkan kembali simcard ke iPad dan tunggu sampai sinyal sudah muncul.
          4. Buka kembali Cydia atau browsing dari Safari untuk mengetes ini berhasil atau tidak.
          Kalau masih tidak bisa, terpaksa:
          Settings > General > Reset > Reset Network Settings 

          1. Makasih mas ivan, tapi tetep nggak bisa nih…
            Okelah, besok saya bawa ke Indosat, btw ini bukan masalah karena jailbreaknya yang salah atau apa kan ya?

          2. Sudah coba 
            Reset Network Settings ?
            Masalah PDP error bukan cuma terjadi pada iDevice yang dijailbreak, yang masih normal pun juga bisa mengalami masalah ini. http://bit.ly/zHDKVI

  3. Mas mau tanya juga nih …
    Apa dengan adanya icon CYDIA berarti IPAD sudah ter-jailbreak dengan sukses ?
    Apa ada info lain di iPad yang mnunjukkan bahwa iPad tersebut telah ter-jailbreak ?
    Trims sebelumnya …

  4. kak ivan, mau nanya
    td saya berhasil jailbreak ipad2  ios 5.0.1, cydia nya udh muncul
    pas saya mau masukin game angry bird, muncul tulisan angry bird failed to install
    itu knp ya kak?
    binggung banget nih mohon bantuannya kak.

  5. Bang ivan.. Gimana caranya balikin lagi icon ipad yg berubah jadi putih.. Sebelom nya tidak apa2.. Sy pake versi yg 2.04.. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *