Sekarang sudah tersedia banyak cara untuk mendownload video dari YouTube. Ada yang menyediakan jasa download video secara online, ada juga yang menyediakan program download khusus untuk YouTube. Tapi sekarang ada cara yang menurut saya lebih mudah untuk mendownload video dari YouTube tanpa menggunakan program tambahan, tapi cukup dengan script yang kompatibel untuk browser-browser populer yang ada (istilahnya cross browser).
YouTube

Nama script nya dalah Download YouTube Videos as MP4, sebuah script dari userscripts.org yang berguna untuk mendownload video YouTube dengan kualitas tinggi (MP4).

Cara Install

Google Chrome/Chromium

  • Kunjungi halaman download dari script ini dengan browser Google Chrome atau Chromium.
  • Klik tombol Install berwarna hijau yang terletak pada kanan-atas.
  • Setelah mengklik tombol Install, makan Google Chrome/Chromium akan mendownload sebuah extension yang sudah menyertakan script ini di dalamnya.

Mozilla Firefox

  • Di Firefox, Anda diharuskan untuk menginstall sebuah Add-ons (Greasemonkey) terlebih dulu agar bisa menggunakan script ini.
  • Setelah Greasemonkey terinstall, buka halaman download script dan klik tombol Install.

Greasemonkey

Opera

Opera tidak membutuhkan plugin tambahan untuk menggunakan script ini.

  • Buat sebuah folder. Folder ini berguna untuk menyimpan script yang didownload oleh Anda, anggap saja namanya myScript.
  • Buka halaman ini dan save script nya.

Selanjutnya, untuk memasukkan script ke Opera:
Windows & Linux: menu > Preferences > Advanced > Content > JavaScript options
Mac: menu > Settings > Preferences > Advanced > Content > JavaScript options

Lalu tentukan di mana folder tempat Anda menyimpan script tadi (myScript). Opera akan memuat semua file script yang ada di dalam folder tersebut. Kalau nama script nya berakhiran .user.js maka itu adalah script yang kompatibel untuk Greasemonkey.

Safari

Untuk Safari, Anda perlu menginstall GreaseKit terlebih dulu.