Testing Devices

Ketika melihat foto di atas mungkin Anda akan berpikir kalau sedang ada gathering atau semacam pertemuan bagi para pengguna smartphone/tablet. Tapi sebenarnya tidak, karena smartphone dan tablet di atas adalah milik satu orang saja yaitu David Smith, yang semuanya berfungsi sebagai perangkat uji coba.

Yang ada di atas meja adalah:

  • 4 iPad
  • 4 iPhone
  • 4 iPod Touch
  • 3 Android devices
  • 1 Windows Phone
  • 1 Kindle

Kenapa butuh perangkat sebanyak itu? David menjelaskan:

I can test anything from iOS 3.1 through iOS 5. The older OS versions are especially helpful to keep around since it is essentially impossible to replicate an issue on iOS 3.X without having a dedicated device kicking around.

Mungkin kelihatan seperti sebuah fragmentasi, tapi sebenarnya tidak. David memang memiliki banyak iDevice dengan versi iOS yang berbeda karena sebagai developer David harus mengetes apakah aplikasi buatannya bermasalah/punya bug pada versi iOS tertentu. David hanya perlu membuat dua versi aplikasi saja, yaitu versi iPhone dan iPad, tetapi mungkin David membutuhkan sampai 12 iDevice untuk mengecek apakah aplikasinya berjalan dengan mulus mulai dari iOS lama sampai iOS terbaru.

Kalau diperhatikan, David ini salah satu developer yang betul-betul memperhatikan kualitas aplikasinya, padahal hanya seorang developer indie. Dan memang sih David cocoknya sebagai developer iOS, bagaimana kalau seandainya David jadi developer Android? Apakah dia juga akan mengoleksi ratusan Android device yang dirilis tiap bulan?

Sumber:
[David Smith]