Setiap tahun, selama Super Bowl (kejuaraan football yang diadakan tiap tahun di Amerika) berlangsung, banyak perusahaan-perusahaan besar yang mengeluarkan uang sampai dengan jutaan dollar untuk membuat iklan agar bisa menarik minat penonton Super Bowl. Tahun ini (2012) saja, mulai dari perusahaan pembuat mobil, minuman sampai smartphone pun turut berpartisipasi. Termasuk Samsung dengan iklan terbarunya yang (seperti biasanya) selalu menyindir fans Apple. Kalau dihitung-hitung, mungkin ada sekitar 50-an iklan yang ditayangkan selama Super Bowl.

Tetapi Apple tidak termasuk salah satu perusahaan yang menayangkan iklan untuk Super Bowl. Sayang sekali, padahal banyak orang (terutama fans Apple) sangat mengharapkan Apple untuk membuat iklan balasan untuk Samsung.

Nah, tampaknya Apple tidak perlu membuat iklan resmi untuk Super Bowl tahun ini, mengapa? Karena tanpa iklan resmi pun produk Apple sudah muncul pada Super Bowl.

Pada akhir acara, saat trofi Lombardi dibawa oleh Raymond Berry maka secara spontan para pemain mengeluarkan iPhone mereka dan segera mengambil gambar sementara Lombardi dipegan oleh Raymond. Tidak ada Samsung, yang ada hanya iPhone :P

Berapa biaya yang dikeluarkan oleh Apple agar iPhone bisa muncul pada video tersebut? Kalau beberapa perusahaan menghabiskan biaya 3 sampai 4 juta dollar untuk iklan berdurasi 30 detik, maka Apple menghabiskan biaya $0. Ya, tentu saja karena ini bukan iklan. Ini bukan adegan yang dibuat-buat, ini adalah kenyataan.

Screenshot

Super Bowl

Super Bowl

Super Bowl

Super Bowl

Super Bowl

Selamat ya Apple, kalian sudah menghemat 3-4 juta dollar tanpa harus membuat iklan yang berisi sentimen ke pihak tertentu :).