iPad

Produk Apple selain spesifikasinya yang membuat penasaran, namanya pun membuat orang-orang bingung. Seperti yang banyak diberitakan, iPad generasi terbaru katanya akan disebut “iPad 3” atau “iPad HD” (mengacu pada layarnya yang beresolusi tinggi) tapi ternyata bukan. iPad generasi terbaru akan disebut “iPad”, bukan iPad 3, iPad 4, iPad HD dan lain sebagainya.

Mengapa namanya hanya “iPad”? Bukannya setelah iPad 2 maka iPad berikutnya bernama iPad 3 seperti yang sudah diperkirakan orang? Memang cukup mengejutkan sebagian orang, tetapi sebenarnya penamaan ini bukan hal baru pada produk Apple.

iPod touch

MacBook Air

iMac

iPad terbaru adalah “iPad”, bukan “New iPad” atau “iPad 3”. iMac yang dirilis tahun 2009 disebut “iMac”, dan iMac yang dirilis tahun 2011 tetap disebut “iMac”, begitu pula dengan MacBook Air dan iPod touch.

Menurut WSJ yang sempat menanyai Phil Schiller sesaat setelah keynote selesai:

Phil Schiller, Apple’s senior vice president of world-wide marketing, simply said that Apple broke from the convention “because we don’t want to be predictable.”

Lalu mengapa Apple membuang akhiran untuk iPad?

Pertama, kalau Apple tidak membuang akhiran untuk iPad maka nama “iPad 9” atau “iPhone 12S” akan terdengar aneh. Memang sekarang masih kecil (iPad 2, iPhone 4S), tapi nanti semakin besar angkanya semakin aneh kedengarannya.

Kedua, sudah sejak lama Apple tidak terlalu mempedulikan spesifikasi produk mereka untuk bersaing dengan perangkat lain. Jumlah RAM, memori, jumlah core, GB, GHz, ataupun megapixel tidaklah penting, yang terpenting adalah it just works ! dan tentu saja ekosistem yang mendukung.

Apple baru akan meningkatkan spec produk mereka kalau memang dibutuhkan. iPad tidak harus disebut “iPad HD 3X Turbo” hanya untuk mengalahkan “…HD 3X” yang dikeluarkan oleh pesaing Apple. Tidak ada “iPad 9.7 HD S II”, tidak ada “iPad 9.7 Super Pixel HD” atau jangan pernah berpikir kalau Apple akan merilis “iPad HD3S Turbo Tab”. Apple tidak butuh nama sepanjang itu untuk menang, “iPad” saja sudah cukup.

Ketiga, Apple ingin agar Anda tidak lagi terlalu mempedulikan generasi produk yang Anda miliki. Anda tidak memiliki iPad 3, yang Ada miliki adalah iPad. Begitupun nanti, tidak akan ada iPhone 5, yang ada adalah “iPhone”. Pernahkah Anda melihat box dari iPad 2? Di situ tidak tertulis generasi keberapa tetapi hanya “iPad” saja. Anda bisa membedakannya hanya dengan melihat gambar iPad yang tercetak di boxnya, dan Anda akan langsung tahu kalau itu adalah iPad generasi kedua.

Jadi kalau Anda berniat untuk membeli iPad 4 atau iPhone 6, lupakanlah karena seri itu tidak akan ada. Yang ada hanyalah “iPad” dan “iPhone”.