Kompasiana:

Baru-baru ini beredar email internal di Microsoft yang melarang karyawan perusahaan teknologi tersebut untuk membeli produk Apple Inc., terutama seri mac dan iPad. Melalui tulisan Mary Jo Foley di ZDNet khalayak teknologi mengetahui kebijakan baru yang entah bijak atau tidak tersebut. Dalam email tersebut dinyatakan bahwa karyawan Microsoft bagian Sales, Marketing, Services, IT & Operation Group (SMSG) dilarang membeli iPad dan Macs menggunakan uang perusahaan.

Dalam email tersebut juga dinyatakan bahwa produk Apple akan dicoret dari Zones Catalog (semacam katalog internal) mulai minggu depan. Dan kebijakan ini juga akan diberlakukan secara internasional, artinya semua karyawan Microsoft di seluruh dunia dilarang mengajukan pembelian produk Apple ke perusahaan.

Pertama, Microsoft menghentikan pembayaran untuk langganan data karyawannya yang masih menggunakan iPhone atau Blackberry, tindakan ini memaksa para karyawan untuk tetap menggunakan Windwos Phone kalau mereka masih mau langganan data mereka dibayarkan perusahaan. Kalau mau gunakan iPhone atau Blackberry tetap bisa, tapi dengan syarat biayanya bayar dengan uang sendiri.

Kedua, Microsoft membagi-bagikan Windows Phone 7 kepada 89 ribu karyawannya, sama seperti yang dilakukan Apple pada tahun 2007.

Dan sekarang, Microsoft melarang karyawannya membeli produk Apple (menggunakan uang perusahaan). Yang di blacklist oleh Microsoft kali ini bukan cuma iPhone, tapi justru lebih dikhususkan pada Mac dan iPad. Kalau iPad sih saya ngerti, iPad adalah pesaing berat untuk Win8 tablet dari Microsoft. Tapi bagaimana dengan Mac? bukannya pengguna Mac masih bisa menginstall Windows 8 ke Mac via Boot Camp atau Parallels ?