Android Lock
Pemilik smartphone Android pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Android lock, yaitu metode pengunci telepon yang cukup unik, di mana kita harus membuat pola tertentu dengan menghubungkan titik satu ke titik lainnya sehingga membentuk pola yang serupa dengan sandi kunci.

Android lock ini cukup unik karena berbeda dengan metode unlock pada smartphone lainnya yang masih mengandalkan angka sandi, misalnya pada iOS devices (iPhone, iPad, iPod touch). Android lock ini juga sangat aman, saking amannya sampai sampai FBI kebingungan bagaimana memecahkan kode Android lock ini.

Wired:

Pattern-screen locks on Android phones are secure, apparently so much so that they have stumped the Federal Bureau of Investigation.

The bureau claims in federal court documents that forensics experts performed “multiple attempts” to access the contents of a Samsung Exhibit II handset, but failed to unlock the phone.

Tapi, ada sedikit masalah dengan Android lock ini. Biasanya, jika kita memcoba menbuka kunci Android lock ini dan salah selama beberapa kali (biasanya 10 kali) secara berturut-turut maka telepon kita akan terkunci total. Dan untuk membuka kunci ini kita diharuskan login ke Google (memasukkan username dan password) agar dapat membuka telepon yang terkunci ini. Tapi sayangnya walaupun username dan password telah dimasukkan dengan benar tetapi kunci tetap tidak mau terbuka, dan banyak orang yang merasakan kondisi ini.

Solusinya adalah masukkan username Anda dan isi password dengan null, contohnya seperti ini:

Username: [email protected]
Password: null

Tapi, trik ini belum tentu berlaku pada semua smartphone/tablet Android. Yang sudah berhasil adalah Sony Xperia X10, HTC Tattoo, HTC Magic, HTC Hero, Samsung Galaxy Spica, HTC Eris, HTC G2 Touch, LG GW620, dan lainnya.

Jadi, kalau Anda mengalami kejadian seperti ini, jangan tanyakan ke FBI, karena mereka pasti kebingungan. Gara-gara tidak pernah pegang smartphone Android mungkin?