7 Maret 2012 iOS 5.1 telah dirilis ke publik dan pengguna iDevice sudah bisa langsung melakukan update, baik via OTA (over the air) maupun via iTunes. Beberapa orang mungkin ada yang tidak tahan untuk langsung melakukan update, walaupun sudah diperingatkan.

Untuk itu, iPhone Dev Team telah merilis Redsn0w terbaru untuk jailbreak iOS 5.1 khusus untuk device non-A5. Jailbreak ini masih tethered dan menggunakan exploit limera1n milik Geohot.

Yang perlu Anda ketahui:

  • Jailbreak ini masih tethered, dan bukan untuk device A5 (iPhone 4S dan iPad 2). Anda masih perlu melakukan “Just Boot” setiap kali restart, atau aplikasi-aplikasi Cydia yang sudah terinstall tidak akan bekerja (termasuk Safari).
  • Jika iDevice Anda membutuhkan unlock dengan ultrasn0w, pastikan kalau Anda telah menggunakan custom ipsw sewaktu melakukan update ke iOS 5.1. Jangan pernah melakukan update langsung via iTunes menggunakan official ipsw.
  • Untuk membuat custom ipsw gunakan Redsn0w terbaru, khusus untuk iPhone 3GS dan iPhone 4.
  • Ultrasn0w terbaru akan segera dirilis dalam beberapa hari, tetapi baseband yang disupport masih tetap sama dengan yang dulu, tidak ada tambahan baseband terbaru.
  • iBooks tidak akan bekerja. Tunggu sampai Redsn0w diupdate oleh Dev Team.

Oh ya, iPhone 3GS dengan old bootrom tetap bisa menikmati jailbreak untethered.

  • Download Redsn0w 0.9.10b6 di halaman Downloads.
  • Tutorial jailbreak iOS 5.1 tethered ada di halaman Redsn0w.

Update:
Wow, iPad (3) dengan iOS 5.1 telah berhasil dijailbreak oleh 3 orang hacker iOS sekaligus dalam waktu kurang dari 24 jam.

Update 2:
Kemungkinan besar jailbreak untuk iOS 5.1 akan ditunda perilisannya. Ini berkaitan dengan polling yang diadakan oleh pod2g di blog miliknya. Berdasarkan polling tersebut, pod2g sepertinya akan menahan dulu perilisan jailbreak iOS 5.1 dan lebih memilih menyimpannya untuk keperluan jailbreak iOS 6. Dan keputusan pod2g untuk menunda perilisan jailbreak iOS 5.1 ini disetujui pula oleh i0n1c.

Update 3:
Berita baik datang dari pod2g! iPhone 4 miliknya telah berhasil di jailbreak untethered. Untuk sementara ini belum ada waktu pasti kapan jailbreak untethered ini akan dirilis oleh pod2g.

Update 4:
Untethered jailbreak iOS 5.1.1 sudah dirilis.