iPad
Untuk mendukung layar iPad yang beresolusi tinggi, maka aplikasi-aplikasi khusus iPad akan berukuran jauh lebih besar dari sebelumnya. Situs Vietnam Tinhte, yang pertama kali melakukan unboxing iPad terbaru telah melakukan perhitungan pada beberapa aplikasi iPad, khususnya yang dikembangkan langsung oleh Apple:

“Aplikasi yang dikembangkan oleh Apple telah ditingkatkan untuk mendukung Retina Display. Misalnya Keynote, pada versi sebelumnya hanya 115 MB tetapi pada versi terbarunya menjadi 327 MB. Numbers naik dari 109 MB menjadi 283 MB, dan iMovie dari 70 MB menjadi 404 MB.” (Diterjemahkan dari bahasa Vietnam)

Peningkatan ukuran aplikasi ini selain berasal dari adanya penambahan fitur-fitur terbaru, juga karena grafik yang digunakan harus diperbesar untuk mendukung Retina Display. Sebagai contoh, ikon aplikasi pada iPad 2 yang hanya 72 x 72 px harus ditingkatkan menjadi 144 x 144 px, dan belum lagi untuk grafik lainnya. Perlu diingat, ukuran aplikasi yang disebutkan di atas itu hanyalah ukuran downloadnya saja, setelah aplikasi tersebut di install maka ruang yang dibutuhkan akan lebih besar lagi.

Bagi Anda pemilik iPad (1st gen) dan iPad 2 dengan memori penyimpanan yang hanya 16 GB pasti akan merasa kalau ruang penyimpanan sebesar itu tidak cukup lagi. Untuk sekarang mungkin belum terasa, tetapi kalau semua aplikasi-aplikasi khusus iPad sudah diupgrade maka efeknya akan terasa.

Apple tidak membeda-bedakan versi rilis antara aplikasi iPad 2 dan iPad terbaru. Jika suatu aplikasi akan dirilis dan berlabel “khusus iPad” maka aplikasi tersebut akan mendukung untuk semua generasi iPad*. Oleh karena itu, peningkatan aplikasi untuk iPad terbaru berarti peningkatan juga untuk iPad 1st gen dan iPad 2. iPad 2 yang tidak beresolusi tinggi pun tetap harus mendownload aplikasi yang sudah diupgrade untuk Retina Display. Ini artinya ada banyak komponen-komponen atau grafik yang sudah dioptimalkan untuk iPad terbaru tidak terpakai pada iPad 2.

Jadi, jika Anda berniat untuk membeli iPad terbaru dalam waktu dekat ini, sebaiknya pertimbangkan kebutuhan Anda. Kalau Anda orang yang senang main games, jangan beli yang 16 GB, apalagi kalau Anda senang mengoleksi lagu dan film 16 GB sangatlah tidak mencukupi. 32 GB mungkin sudah cukup, tapi kalau Anda punya dana yang lebih maka 64 GB pun tidak ada salahnya.

*) Beberapa aplikasi tertentu hanya optimal berjalan pada iPad 2 dan iPad terbaru, tetap tidak dianjutkan untuk iPad generasi pertama.

Sumber:
[The Verge]