Hellooo folks! Beberapa terakhir ini ada sedikit perubahan yang terjadi pada blog ini. Yang sering berkunjung pasti sudah tahu apa itu, yaitu link post.

Sebelum saya memulai bercerita ke inti permasalahan, saya ingin mengulas kembali tentang weblog, atau yang kita sudah kenal dengan nama “blog”.

Sekilas tentang weblog

Istilah weblog pertama kali diciptakan oleh seorang yang bernama Jorn Barger pada situs webnya yang bernama “Robot Wisdom” pada bulan Desember 1997. Situs web milik Jorn ini berisi link-link yang dia kumpulkan setiap kali dia menemukan sebuah situs web dengan postingan yang bagus pada saat berkeliling di dunia maya. Dari sinilah istilah weblog (web + log) terlahir. Weblog atau yang disingkat dengan blog adalah sebuah catatan harian dari si pemilik blog.

Prinsip dasar untuk blogger pemula

Setiap blogger pemula harus menerapkan atau paling tidak mengenal beberapa prinsip berikut ini.

  • Weblog yang sebenarnya adalah sebuah situs web yang me-log atau mencatat link-link yang ingin disimpan atau dibagikan oleh pemilik situs web.
  • Anda boleh (sebenarnya ini sebuah keharusan) menyertakan link sumber dari artikel atau postingan yang Anda tulis di blog Anda.
  • Sertakan beberapa kalimat yang dapat menjelaskan reaksi Anda terhadap apa yang Anda tanggapi, misalnya dari artikel asli yang berasal dari orang lain. Boleh berupa kritikan yang cerdas dan berguna
  • Hindari gaya penulisan yang aneh, teks yang diformat dengan tidak benar, link sumber yang sengaja disembunyikan, terlalu banyak menggunakan singkatan, dan lainnnya.

Blog

Ketika Anda menulis artikel di blog Anda atau istilah kerennya ngeblog, maka ada dua jenis entri:

  • Postingan/artikel: Tulisan Anda sendiri, tanggapan, kritikan, atau hasil pemikiran Anda.
  • Link: Sumber dari tulisan Anda, hasil pemikiran orang lain.

Postingan sangat penting karena itulah cerita yang ingin Anda bagikan, tujuan utama Anda ngeblog. Isinya tidak perlu yang rumit, yang penting asli dan enak dibaca dan maksud Anda bisa tersampaikan dengan baik kepada orang yang membacanya.

Link juga penting, karena link inilah penghasil utama postingan Anda. Anda bisa mendapat ide dari orang tulisan lain, dan karena itulah Anda juga perlu menyertakan link sumber pada postingan Anda supaya orang lain juga bisa mendapatkan ide yang baru. Istilah webnya Ada adalah agregator (pengumpul berita).

Namun, dengan menyertakan link Anda bukan hanya bertindak sebagai agregator atau pengumpul berita saja, tetapi juga sebagai pengirim trafik. Ini karena sifat dasar dari link adalah mengirim pembaca menuju ke sumber asli postingan.

Berbicara sebagai agregator atau pengirim trafik, ada beberapa cara yang umum dilakukan para blogger. Salah satunya adalah Linked List style.

Model Linked List bisa ditemui pada blog John Gruber dan Shawn Blanc. Perbedaan penulisan postingan model ini dengan yang lain terletak pada judul postingan (post title). Judul post pada model linked list berguna sebagai link yang langsung mengirim pembaca kepada sumber aslinya, bukan pada permalink post (postingan tunggal).

Karena saya sangat menghargai tulisan seseorang, dan berusaha untuk selalu menyertakan link sumber setiap kali menulis artikel, maka saya mulai menerapkan model linked list ini pada blog ini.

Blog yang menerapkan model seperti ini masih jarang saya temui untuk blog Indonesia, oleh karena itu langkah yang saya ambil ini mungkin akan sedikit membingungkan bagi pembaca.

Untuk memperjelasnya, silakan lihat gambar di bawah ini.

Link Post

Link Post

Pada gambar pertama judul postingan (Earn your voice) akan me-link langsung ke sumber artikel, sumber kutipan, sumber inspirasi atau sering saya sebut dengan “things i like”.

Sedangkan pada gambar kedua menampilkan permalink ke postingan tunggal (single post). Postingan yang judulnya adalah external link (link ke luar/sumbernya) pasti ditandai dengan ★ (bintang), yang artinya judul post mel-ink ke sumber artikel, dan ★ nya adalah permalink postingan.

Tidak penting bagaimana sebuah blog mengubah model postingannya, yang terpenting adalah..

Noteworthy things will always have a way of getting discovered.

Update:
Format blog sudah kembali normal seperti biasanya, seperti format yang dulu.